Sales Coaching Mengembangkan Tim untuk Kinerja Maksimal
Sales Coaching

Sales Coaching Mengembangkan Tim untuk Kinerja Maksimal

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Setiap manajer sales (penjualan) tentunya tahu mereka punya tugas untuk memimpin dan meningkatkan kemampuan timnya. Apalagi target setiap tahun selalu naik.

Untuk memastikan target itu tercapai umumnya manajer sales mengirimkan timnya ke pelatihan-pelatihan dan sesekali mengajari mereka tips-tips bagaimana melakukan penjualan yang baik.

Dengan melakukan itu semua, si manajer sales berharap timnya akan bekerja maksimal mencapai target. Jika tidak, ia akan mudah mengatakan bahwa timnya kurang motivasi, tidak disiplin, atau kurang pandai membaca keadaan di pasar.

Mitos Sales Coaching

Jika si manajer sales ditanya, “Apakah kamu sudah melakukan coaching?”, ia akan menjawab, “Sudah.” Namun pada kenyataannya yang ia lakukan bukanlah coaching.

Meskipun hampir semua manajer atau pimpinan tim sales mengklaim bahwa mereka melakukan coaching setiap hari di setiap interaksi, pada kenyataannya yang mereka lakukan adalah memberikan instruksi, saran atau sekedar mereview pekerjaan.

Dalam kata lain, sales coaching bukanlah sekedar berdiskusi seperti:

“Sudah sampai mana pencapaian target?”
“Apa saja yang ada di pipeline?”
“Kemana saja kamu akan visit di minggu ini?”

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa mudah terjawab dengan memonitor dashboard dan laporan. Sales coaching yang baik ditandai dengan pertanyaan-pertanyaan yang lebih dari sekedar menanyakan angka atau pencapaian.

Jadi Apa itu Sales Coaching?

Sales coaching yang efektif mempertimbangkan banyak aspek, termasuk tujuan jangka panjang penjualan, potensi pasar, perubahan perilaku konsumen, proses-proses yang perlu berjalan dan yang lebih penting lagi kolaborasi antar individu di tim sales itu sendiri.

Baca juga 5 Mindset yang Menentukan Sales

Sesuai dengan prinsip coaching yang meyakini bahwa setiap orang punya potensi untuk berkembang, sales coaching pun bergerak dari fundamental yang sama.

Sales coaching ditujukan untuk mengembangkan setiap individu di tim sales agar mereka lebih kompeten dengan menggali pengalaman keberhasilan dan kegagalan di lapangan.

Manajer yang menerapkan sales coaching tidak hanya fokus pada angka, tapi juga pada aspek manusianya. Kemampuan untuk memetakan kekuatan dan level kompetensi dari setiap anggota tim sales menjadi penting agar rencana pengembangan tim bisa dijalankan secara strategis.

Sales Coaching Meningkatkan Kapabilitas Tim

Sales coaching pada akhirnya tetap ditujukan untuk mencapai target penjualan. Namun caranya tidak dengan selalu menanyakan pencapaian angka.

Fokus sales coaching justru terletak pada peningkatan kapabilitas anggota tim sales dalam membuat perencanaan, membaca tren pasar, mengamati perubahan perilaku konsumen, dan berpikir kreatif untuk membuat solusi dari pengalaman mereka di lapangan.

Oleh karenanya, seorang sales coach akan banyak mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan gambaran besar tentang produk, pasar, konsumen, dan kapabilitas tim seperti contoh berikut:

“Apa yang kamu temui berbeda di lapangan?”
“Apa saja yang tidak berjalan sesuai rencana?”
“Solusi apa yang kamu lakukan saat itu?”, “Seberapa efektif?”
“Apa yang konsumen katakan tentang produk kita?”
“Apa harapan mereka yang kita belum berikan?”

Siapa Saja yang Membutuhkan Sales Coaching?

Jawabannya tentunya semua individu yang terlibat di alur penjualan. Mulai dari direktur sales, manajer, team leader, hingga sales rep di lapangan. Konteks sales coaching pun akan berbeda di setiap level.

Untuk level manajemen, sales coaching banyak membahas tentang strategi besar dalam penjualan, proses distribusi produk dan pengelolaan tim.

Sementara untuk level yang berinteraksi langsung dengan konsumen, umumnya sales coaching dikaitkan dengan pemberdayaan kompetensi seperti komunikasi menjual dan kemampuan menjalin kepercayaan dengan konsumen.

Sales coaching merupakan salah satu area coaching yang paling menantang karena melibatkan banyak faktor, baik internal maupun eksternal. Ada banyak sisi yang mungkin selama ini luput teramati.

Namun dengan bantuan seorang sales coach, perusahaan atau bisnis akan terbuka wawasannya dalam memahami banyak faktor yang menentukan keberhasilan penjualan.

Optimalkan penjualan produk dan layanan Anda dengan bantuan Sales Coach kami.

Related Posts