Penjualan Anda Mandul? Lakukan Ini untuk Mengatasinya
Sales Coaching

Penjualan Anda Mandul? Lakukan Ini untuk Mengatasinya

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Masa sulit terjadi pada setiap orang bahkan pada professional sales yang terbaik sekalipun. Bidang penjualan memang bekerja seperti itu, kadang penjualan melesat tinggi, tak jarang juga penjualan mendadak terjun bebas. Namun, di balik badai selalu ada pelangi yang akan muncul dengan indahnya.

Ketika masa sulit itu datang, seringkali kita merasa ragu untuk melangkah. Apakah Anda sudah menjadi seorang sales yang hebat kemarin? Ah, ataukah Anda hanya beruntung saja saat itu. Nyatanya, Anda memang ahli di bidangnya, seorang sales professional. Namun, entah kenapa saat ini rasanya situasi sangat tidak menyenangkan dan tidak sesuai dengan rencana. Jangan menyerah, karena segala usaha baik yang dilakukan akan menghasilkan pencapaian yang lebih baik.

Jika Anda sedang mengalami masa sulit dalam perjalanan karir sebagai sales, mungkin Anda ingin mencoba beberapa tips di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Lakukan lebih sering

Berapa kali Anda melakukan kontak telepon dengan prospek dalam satu hari atau per minggu? Tambahkan frekuensinya atau teruslah melakukan kontak sampai Anda mendapat lima janji temu yang akan dilangsungkan dalam satu minggu itu.

2. Cara pendekatan baru

Terkadang, yang dibutuhkan oleh pasar adalah cara pendekatan yang baru. Dan, hal ini seringkali terjadi tanpa Anda sadari. Mungkin saja, salah satu perubahan itu justru sudah akan berakhir saat ini. Jika cara Anda tidak berjalan baik selama satu minggu atau lebih dari satu bulan, mungkin sudah saatnya memperbarui keahlian Anda.

Baca juga Cara Menjual Tanpa Terkesan Memaksa

Carilah mentor atau orang yang sudah melalui perjalanan sulit seperti yang Anda alami dan dia berhasil melaluinya dengan baik. Biasanya, Anda akan merasakan jika hal itu baik dilakukan maka lakukanlah, jangan ragu. Semua akan baik-baik saja.

3. Komunikasi dengan pelanggan yang bahagia

Anda bisa mencoba untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang sudah mendapatkan solusi dari produk yang Anda tawarkan, dan dia bahagia dengan hal itu. Cari tahu apakah ada hal lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat mereka lebih bahagia lagi.

Jika pelanggan sudah bahagia dengan solusi yang ada, Anda bis amencoba untuk meminta mereka merekomendasikan Anda pada teman, rekan atau keluarganya. Rekomendasi seperti ini sangat baik untuk membuka lebih banyak peluang penjualan Anda.

4. Jangan menawarkan diskon besar

Meski cara ini sangat menggoda namun jangan lakukan gagasan ini. Konsumen akan membeli produk kita jika harga lebih rendah, bukan? Strategi menawarkan diskon besar mungkin menarik lebih banyak konsumen tetapi akan menyebabkan Anda kehilangan banyak uang jika dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Jika konsumen tahu Anda menawarkan harga diskon maka mereka akan menawar lebih rendah lagi, atau bahkan meminta perlakukan istimewa. Konsumen seperti ini tidak akan menjadi pelanggan setia. Hindari menawarkan diskon jenis apapun, bahkan di saat sulit sekalipun.

5. Diam dan dengarkan

Cara terbaik untuk menemukan solusi bagi masalah yang dihadapi oleh prospek adalah dengan mengenal diri mereka. Dan Anda bisa mengenal mereka dengan cara mengajukan pertanyaan dan mendengarkan. Semakin Anda mendengar, maka semakin baik pertanyaan yang Anda ajukan kemudian.

Prospek akan melihat bahwa pertanyaan-pertanyaan Anda sesuai dengan kebutuhan mereka dan mereka akan berpikir, “Oh, sales ini tahu benar apa yang sedang aku butuhkan.”

6. Mulai dengan yang kecil

Jika Anda sales yang memiliki rasa percaya diri turun naik sebagaimana grafik penjualan Anda, maka mulailah untuk mencoba lagi memulai dari nol. Misalnya, dimulai dengan mengawali hari melakukan tugas kecil seperti merespon email sales yang masuk ke inbox Anda.

Lalu, melangkah lebih jauh dengan melakukan kontak telepon. Ditutup dengan satu closing penjualan minggu ini. Kemudian dapatkan dua penjualan minggu depan, kemudian tiga penjualan minggu depannya lagi, dan selanjutnya …

Jika Anda bisa melakukannya, maka Anda akan berada di level performa tinggi seperti sebelumnya tanpa Anda sadari. Yup, masa sulit menghampiri setiap orang. Yang terpenting adalah Anda tidak mengasihani diri dan menyerah begitu saja. Cari tahu apa yang sedang terjadi, buatlah rencana untuk mengatasi permasalahan yang ada, dan Anda akan baik-baik saja.

Optimalkan penjualan produk dan layanan Anda dengan bantuan Sales Coach kami.

Related Posts