Self-Growth Coaching: Setiap Orang bisa Berkembang Lebih Baik
Self-Growth Coaching

Self-Growth Coaching: Setiap Orang bisa Berkembang Lebih Baik

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Self-growth coaching atau coaching untuk pengembangan diri umumnya difokuskan pada penataan mental dan keyakinan diri untuk terus belajar dan tumbuh menjadi orang yang lebih baik.

Coaching di area pengembangan diri ini diberikan kepada mereka yang memiliki tujuan namun merasa ada sesuatu dari dalam diri yang menghambat untuk maju.

Hambatan ini bisa berupa mental-block, keterbatasan skill, keraguan maupun ketidakpercayaan diri untuk menjalankan semua hal yang dibutuhkan dalam pencapaian suatu tujuan.

Pernahkan Anda merasa ingin melakukan sesuatu namun ragu atau kurang percaya diri untuk melangkah? Semua orang tentunya pernah punya pengalaman seperti itu. Hanya bedanya, ada yang terus bertindak sementara ada sebagian yang memilih untuk mundur.

Mengapa Pengembangan Diri Penting?

Ilmuwan meyakini bayi yang baru lahir memiliki 100 milyar sel otak. Jumlah yang sama dengan bintang-bintang di galaksi! Artinya manusia memiliki semua bahan dasar yang dibutuhkan untuk hidup dari potensi terbaiknya.

Namun, seringkali perjalanan hidup justru membuat kita terkondisikan melalui pengalaman buruk atau ucapan orang lain yang malah membuat kita tidak percaya diri bahwa kita mampu.

Baca juga Productive Mindset di tengah Pandemi COVID-19

Coaching untuk pengembangan diri ditujukan untuk menata kembali pola berpikir agar kita menyadari banyak hal yang sebetulnya mampu dilakukan.

Melalui pembenahan mindset dan perilaku, perlahan kita mulai yakin terhadap banyak hal yang bisa dilakukan dimana hal itu terasa berbeda dibandingkan kondisi lama yang mengungkung.

Peran Coach di Pengembangan Diri

Coach akan berperan untuk “mengurai” apa saja yang ada di pikiran Anda. Proses coaching akan dijalankan secara obyektif dengan tetap menghormati apa pun yang ada di pikiran Anda - meskipun mungkin isinya negatif!

Tindakan yang pernah Anda lakukan di masa lalu pun akan disikapi netral apa adanya. Yang penting kali ini Anda berkeinginan untuk tumbuh ke arah yang lebih baik.

Proses coaching akan membantu Anda menyadari hal-hal yang selama ini menghambat Anda untuk maju. Lebih dari itu, Coach akan berperan memetakan potensi dan kekuatan Anda melalui percakapan yang eksploratif yang memunculkan ide-ide baru.

Dari kesadaran tentang diri tersebut, tidak jarang timbul motivasi yang berlanjut pada perilaku positif untuk berkarya dan meraih tujuan terbaik.

Area-Area Coaching untuk Pengembangan Diri

Banyak topik yang bisa dibicarakan bersama dengan Coach terkait area pengembangan diri ini, mulai dari membangkitkan keyakinan diri hingga keinginan untuk hidup bahagia dan bermakna. Secara lebih spesifik, coaching di area pengembangan diri mencakup hal-hal berikut:

1. Membangun mindset positif.

2. Membangkitkan motivasi diri.

3. Meningkatkan kepercayaan diri.

4. Berkomunikasi secara efektif.

5. Mengatasi mental-block (hambatan mental).

6. Memperjelas tujuan hidup.

7. Menghilangkan habit (kebiasaan) negative.

8. Mengurangi atau menghilangkan kecanduan.

9. Mengelola stress dan kecemasan.

10. Dan masih banyak lagi

Pada dasarnya setiap orang bisa tumbuh menjadi orang yang lebih baik. Namun, seringkali yang dibutuhkan adalah orang lain yang mampu mendengarkan, menyimak dan membantu memetakan hambatan secara netral.

Kesadaran tentang diri pun akan muncul secara natural sehingga jalan untuk maju menjadi lebih jelas dan tantangan mampu dihadapi dari keyakinan diri yang solid.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts