Cara Menjual Tanpa Terkesan Memaksa
Sales Coaching

Cara Menjual Tanpa Terkesan Memaksa

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Cara menjual telah berubah beberapa tahun belakangan ini -menjadi lebih baik tentunya. Tidak ada orang yang suka dipaksa. Tidak ada orang yang suka dengan motif tersembunyi di balik tawaran sales yang terkesan memaksa , sales yang hanya ingin memenuhi target penjualan dan mencari komisi.

Anda harus menyadari fakta bahwa mungkin item yang ditawarkan tidak berada dalam daftar prioritas seseorang. Namun, jikapun iya, Anda tidak perlu menjual dengan secara paksa dan membuat pelanggan potensial malah berbalik badan dan menjauhi Anda.

Mengubah gaya berkomunikasi akan memberi dampak yang cukup signifikan bagi hasil penjualan Anda. Jika Anda bisa melakukannya dan tidak membuat Anda seperti seorang sales yang suka maksa, maka akan lebih mudah meningkatkan leads, memulai percakapan, dan membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Lagipula, kebanyakan prospek pelanggan mulai Lelah dengan banyaknya telepon, emai, chat yang terus menerus mengganggu. Posisikan diri Anda sebagai calon pelanggan dan ikuti tips di bawah ini untuk meninggalkan kesan yang baik di benak pelanggan.

Baca juga Pentingnya Menguasai Product Knowledge Bagi Seorang Sales

Tampilkan diri Anda sebagai orang bisnis, konsultan atau advisor

Ada perbedaan antara melakukan pebisnis professional yang mewakili perusahaan berbekal produk dengan sales yang berusaha menjual sesuatu secara memaksa. Pikirkan diri Anda sebagai seorang ahli di bidangnya. Sebelumnya, Anda harus memahami gambaran besar industri yang digeluti oleh prospek dimana Anda bisa menawarkan rekomendasi dan menyediakan pandangan baru untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi.

Menarik perhatian prospek

Salah satu cara menarik perhatian prospek adalah dengan tidak terlalu banyak membicarakan tentang produk dan perusahaan Anda. Alih-alih, Anda dapat menarik kepercayaan prospek dengan menawarkan konsultasi untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi oleh prospek. Sampaikan kekurangan atau tantangan yang dihadapi oleh prospek yang sekiranya belum bisa diatasi dengan baik.

Fokus pada prospek

Alihkan percakapan mengenai perusahaan dan produk Anda ke percakapan mengenai prospek dan kebutuhan mereka. Jika tidak yakin untuk melakukannya Anda bisa mengajukan pertanyaan yang bersifat menyelidik. Cara ini tidak hanya mendorong prospek untuk terbuka, memfasilitasi dialog yang seimbang, tetapi juga untuk mempelajari situasi yang ada dengan lebih baik dan mengumpulkan detail yang bernilai.

Pikirkan tentang tantangan yang akan dapat diatasi jika menggunakan produk Anda sebagai solusinya. Lalu, ajukan pertanyaan untuk memastikan prospek sedang memikirkan cara mencari solusi untuk satu poin tantangan yang dihadapinya.

Bicara tentang manfaat bukan fitur produk

Pikirkan tentang manfaat yang akan didapatkan dari produk Anda. Berbicara tentang fungsi produk dan fitur yang dimilikinya itu mudah, namun apakah semua fungsionalitas itu bisa menjadi solusi dari kebutuhan prospek? Apakah produk Anda membantu prospek untuk bekerja lebih efisien, menghemat waktu, mengurangi biaya operasional, meningkatkan profit atau mengurangi stress? Fokuslah pada nilai-nilai ini.

Menjalin hubungan baik

Seorang sales yang sedang mencoba untuk menjual akan lebih banyak bicara. Hindari cara ini dan buatlah prospek Anda yang lebih banyak bicara dalam setiap pertemuan atau kontak telepon. Mengajukan pertanyaan yang terbuka akan membantu Anda menjalin hubungan yang lebih baik dengan prospek.

Keputusan ada di tangan prospek

Jika Anda ingin lebih terdengar sebagai konsultan atau advisor maka Anda bisa mengajukan pertanyaan seperti “Apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya?” atau “Anda akan melangkah ke arah mana dari sini?” anda bisa menawarkan beberapa saran, namun biarkan prospek yang membuat keputusan tanpa dirayu atau dipaksa. Cara ini membuat Anda terdengar seperti seorang konsultan daripada seorang sales.

Jika Anda ingin bisa menjual tanpa membuat calon pembeli merasa ditodong, dipaksa, atau membeli karena tidak enak untuk menolak, maka dapatkan langkah-langkah mudahnya disini. Perubahan kecil ini akan membuat Anda terlibat dalam banyak percakapan dan hubungan yang lebih baik dengan prospek.

Optimalkan penjualan produk dan layanan Anda dengan bantuan Sales Coach kami.

Related Posts