Dampak Pengelolaan Waktu pada Pekerjaan dan Karir
Career Coaching

Dampak Pengelolaan Waktu pada Pekerjaan dan Karir

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Hanya ada 24 jam atau 1.440 menit waktu dalam satu hari dan apa yang Anda lakukan dengan waktu tersebut akan berdampak pada produktifitas dan karir secara keseluruhan. Jika Anda seorang sales, bagaimana Anda bisa melakukan kontak telepon pada sekian banyak prospek dalam satu hari kerja tanpa terlewatkan satu pun?

Cara Anda membuat rencana, jadwal dan bahkan pendekatan Anda hingga pendelegasian tugas adalah sangat penting. Pendekatan Anda secara keseluruhan pada pengelolaan waktu akan menciptakan dampak yang positif setiap harinya. Lalu, apakah pengelolaan waktu memberi dampak pada pekerjaan Anda?

Tentu saja. Lebih dari yang Anda kira!

Cara Anda mengalokasikan waktu berhubungan langsung dengan kualitas output dan kesuksesan Anda secara menyeluruh. Pengelolaan waktu yang buruk akan membuat Anda tidak produktif setiap harinya. Jika Anda tidak mengelola waktu dengan efektif maka Anda akan terus mencoba untuk menyelesaikan tugas di akhir waktu yang mendesak.

Baca juga Lebih Produktif dengan Pengelolaan Waktu yang Baik

Pengelolaan waktu yang baik memberikan dampak positif pada performa kerja Anda melalui berbagai cara, sebagai berikut:

1. Tidak ada lagi pekerjaan yang tertinggal

Suatu proyek yang Anda tangani tanpa waktu yang cukup untuk menyelesaikannya akan berdampak jelas pada performa dan hasil kerja Anda. Pengelolaan waktu yang efektif akan memastikan Anda selalu memiliki waktu untuk bersiap dan fokus pada satu tugas dalam satu waktu.

2. Mengurangi stress

Stress karena ingin menyelesaikan banyak tugas dalam satu hari akan menciptakan hasil kerja yang malah berantakan. Selain itu stress juga akan membuat kita menjadi rekan kerja yang tidak menyenangkan dan seringkali menimbulkan konflik yang tidak perlu. Maka, kurangilah stress dengan pengelolaan waktu yang baik dan kita akan menjadi rekan kerja yang menyenangkan bagi siapa pun.

3. Meningkatkan kemampuan membuat keputusan

Jika Anda punya banyak tugas dalam waktu yang singkat dan kehabisan waktu setiap harinya untuk menyelesaikan semua tugas, maka Anda akan kesulitan untuk membuat keputusan. Mengalokasikan waktu yang cukup untuk tugas akan memastikan Anda bisa membuat keputusan melalui pertimbangan matang, bukan karena terdesak oleh waktu yang mepet.

4. Tidak kehilangan kesempatan baik

Seberapa banyak bedanya berhasil berkomunikasi dengan 15 prospek dalam satu minggu dibandingkan dengan 15 prospek dalam satu hari? Waktu yang Anda buang percuma bisa dialokasikan untuk menumbuhkan bisnis dan terhubung dengan calon klien. Maka, kendalikan waktu agar Anda bisa bekerja baik untuk mencapai goal secara lebih efektif lagi.

Mengembangkan kemampuan mengelola waktu akan sangat membantu Anda untuk meraih goal dan memastikan Anda bisa bekerja di level produktifitas tinggi setiap harinya.

Orang dengan pengelolaan waktu yang baik adalah orang yang secara alami lebih produktif dan memegang kendali penuh atas hidupnya. Sosok yang demikian juga tidak sering mengalami stress dalam pekerjaannya. Mulailah mengelola waktu Anda karena memulai adalah mudah, namun menjalankannya diperlukan motivasi dan determinasi yang tinggi.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts