Parenting Coaching: Memahami Pola Asuh yang Tepat bagi Anak
Parenting Coaching

Parenting Coaching: Memahami Pola Asuh yang Tepat bagi Anak

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Parenting Coaching ditujukan bagi para orang tua yang ingin berperan lebih baik lagi dalam tumbuh kembang anak-anaknya.

Di zaman yang sudah berubah ini pola asuh tradisional seperti yang sudah diterima oleh orang tua pada saat dibesarkan dahulu tidak bisa lagi diterapkan sama pada anak-anak masa kini.

Seorang Parenting Coach akan membantu orang tua menyadari gaya asuh mereka pada anak yang mungkin belum berjalan dengan efektif dan memetakan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan anak berkaitan dengan situasi keluarga, kondisi pergaulan, lingkungan sekolah, lingkungan sosial, dan faktor lain yang mungkin belum disadari oleh orangtua sampai saat ini.

Komunikasi Penting bagi Orang Tua

Banyak orang tua hari ini disibukkan oleh pekerjaan kantor yang membuat anak kurang mendapat perhatian yang seharusnya. Terkadang orang tua kaget ketika mendapati anak mengalami sesuatu yang sulit, misalnya stress di sekolah atau bingung menentukan tujuan melanjutkan jenjang pendidikan. Hal itu terjadi karena selama ini anak jarang berkomunikasi dengan orangtua.

Hal-hal seperti ini akan bisa diatasi bersama seorang Parenting Coach karena sebenarnya bukan mengenai waktu yang harus banyak diluangkan orangtua untuk anaknya, melainkan bagaimana orangtua mempunyai strategi dalam berkomunikasi dan mampu menjadi seorang mitra dalam perkembangan hidup anak dari waktu ke waktu.

Baca juga 4 Gaya Belajar Anak yang Orang Tua Perlu Ketahui

Fase Perkembangan Anak

Seorang anak akan menjalani fase pengembangan atau Developmental Phase dimulai dari rentang usia 3-7 tahun, 7-12 tahun, 12-17 tahun, 17-21 tahun, dan 21 tahun ke atas. Jadi, di fase-fase perkembangan ini anak menginginkan perhatian orang tua dimana orangtua diharapkan bisa mengambil peran yang cocok di setiap fese perkembangan tersebut.

Tidak semua anak bisa diperlakukan sama. Oleh karena itu, fungsi coaching ini adalah membantu orang tua berpikir kreatif menemukan cara yang paling cocok untuk berkomunikasi sesuai kondisi anak.

Pendekatan Terbaik Versi si Anak

Tidak ada pendekatan terbaik bagi anak kecuali pendekatan yang memang dibutuhkan oleh anak itu sendiri.

Disini, Parenting Coaching memiliki satu model pendekatan spesifik untuk membangun komunikasi efektif dengan anak. Seorang Parenting Coach juga akan melakukan eksplorasi tentang perilaku anak sehari-hari, bagaimana orangtua selama ini memberikan perhatiannya, hal apa saja yang memengaruhi mental dan pikiran anak.

Orang tua bisa membangun strategi paling tepat dalam menciptakan hubungan baik dengan anak dan menjadikan mereka orangtua ideal juga sebagai teman yang mendukung kesuksesan anak di lingkungan akademis, sosial dan kehidupannya.

Membangun Kesadaran Orang Tua

Dalam Parenting Coaching ini, orang tua juga dibantu untuk menyadari kondisi mentalnya yang bisa memengaruhi cara mereka membangun hubungan baik dengan anak.

Sebagai contoh, saat kondisi orangtua sedang stress akibat pekerjaan di kantor atau adanya krisis rumah tangga yang menimbulkan energi negative yang juga dirasakan oleh anak.

Ada banyak hal yang mungkin selama ini luput dari perhatian orangtua akan dieksplorasi dalam Parenting Coaching dimana orang tua akan menjadi lebih sadar dan bersedia mengubah cara berpikir dan gaya perilaku yang ditujukan untuk kebaikan anak sehingga anak bisa menjadi sosok yang lebih baik di lingkungan keluarga, sosial, juga sekolah.

Bangun keharmonisan hubungan orang tua dan anak dengan bantuan Parenting Coach kami. 

Related Posts