Menjadi Sadar Mengenai Pikiran Alam Bawah Sadar
Life Coaching

Menjadi Sadar Mengenai Pikiran Alam Bawah Sadar


Para ahli syaraf dan otak setuju bahwa alam bawah sadar mengendalikan 90% dari kehidupan kita, bahkan beberapa menyebutkan bahwa ia dapat mengendalikan 99% dari kehidupan kita.

Anda tidak teryakinkan bahwa alam bawah sadar memiliki kendali sebesar itu? 

Mari pertimbangkan hal ini:

Apakah yang membuat kita dapat menyetir mobil sambil berbincang-bincang dengan penumpang mengenai satu topik hangat, dan masih dapat membelok di tempat yang tepat, dalam kecepatan mobil yang baik dan tiba di tujuan dengan selamat? Berterimakasih lah pada alam bawah sadar kita yang ambil kendali dalam mengemudi dan memetakan jalan ke tujuan yang kita inginkan.

Alam bawah sadar seperti database dari seluruh data dan ingatan yang sudah kita simpan mulai dari dalam rahim ibu. Ia menyimpan juga sisi emosi yang terhubung dengan setiap ingatan tersebut. Ia memberikan intruksi kepada badan melalui otak untuk melakukan aktifitas yang tidak kita sadari secara otomatis, seperti bernapas, mengedipkan mata, menyetir, mengetik dll.

Baca juga Arti Hidup dan Membuka Potensi Terbaik Diri

Bahkan, ketika menghadapi situasi tertentu, database ini akan memunculkan beberapa ingatan untuk kita analisa dan pilih sebagai respon dari situasi tersebut. Ia menjadi landasan kita melihat dunia. Misalnya, Anda dibesarkan di lingkungan yang sering terjadi pertengkaran yang menimbulkan rasa takut, maka setiap kali anda mendengar suara orang berteriak kasar, respon otomatis Anda adalah menjadi takut walaupun Anda sadar kejadian tersebut tidak ada hubungannya dengan Anda.  Hal ini karena alam bawah sadar memunculkan ingatan-ingatan masa lalu berikut emosi yang terhubung dengannya, lalu Anda memilih untuk memberikan respon yang sama. 

Nah, hal yang menjadi menarik adalah, sadarkah Anda mengenai data apa saja yang selama ini tersimpan di alam alam bawah sadar Anda? Apakah pikiran-pikiran positif atau pikiran-pikiran yang negatif? Apakah pikiran-pikiran ceria atau pikiran-pikiran yang suram?

Bila alam bawah sadar kita mengendalikan 90% dari kehidupan, bukankah menjadi sangat penting untuk memastikan alam bawah sadar kita berisi hal-hal yang ceria, penuh harapan, ucapan syukur dan hal-hal positif lainnya? 

Jadilah sadar mengenai alam bawah sadar.

Jika ingin memahami "proses berpikir" dan "pengelolaan pikiran", silahkan kontak penulis melalui profile yang disediakan. 

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

{$detail->author->name}}
Ping Pinkidea, CPC

Self Growth, Life & Mind Management Coach Check the profile at https://www.visecoach.com/ping-pinkidea

Related Posts