Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur)
Wellness Coaching

Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur)

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Tidur adalah satu aktifitas yang sangat diperlukan oleh setiap individu. Tidur yang berkualitas bisa membantu Anda untuk beristirahat sesuai dengan porsi yang dibutuhkan dalam satu hari tergantung aktifitas yang dilakukan sebelum malam tiba. Tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Ada beberapa yang berjuang keras untuk bisa tidur nyenyak.

Mereka yang mengidap insomnia atau kesulitan untuk tidur akan mendapatkan gangguan yang tidak nyaman dalam kesehariannya. Insomnia adalah gangguan tidur yang bisa disembuhkan, namun respon setiap orang berbeda-beda terhadap cara mengatasi insomnia. Jika tidak dapat mengatasinya sendiri maka Anda mungkin harus mempertimbangkan diri untuk bertemu dan berkonsultasi dengan ahli medis yang memiliki metode sesuai.

Jika belum bisa berkonsultasi dengan ahlinya mungkin beberapa cara di bawah ini bisa Anda coba, seperti berikut ini:

1. Latihan relaksasi

Anda tidak memelrukan dokter untuk mencoba metode relaksasi ini. Misalnya dengan melakukan latihan relaksasi otot secara progresif. Latihan ini meredakan ketegangan dan menenangkan otot di bagian tubuh yang berbeda secara bertahap, mulai dari kepala hingga telapak kaki. Cara ini akan membantu Anda rileks dan siap untuk tidur. Anda bisa juga mengombinasikan latihan ini dengan latihan pernapasan atau meditasi.

Baca juga Sehat Luar Dalam Dengan Wellness Mindset

2. Mengatur waktu tidur dengan ketat

Berbaring di tempat tidur dalam keadaan terbangun membuat Anda sulit untuk tidur karena kondisi ini tidak sehat. Anda bisa berkomitmen untuk bangkit dari tempat tidur jika tidak bisa memejamkan ata selama 20 menit atau lebih, kemudian pergilah ke ruangan lain di rumah Anda untuk mendapat atmosifr baru sebelum Anda mencoba kembali tidur.

Atau cobalah untuk mengatur waktu tidur Anda dengan ketat, misalnya Anda harus naik ke tempat tidur pada pukul 10 malam dan bangun pukul 6 pagi, terlepas dari berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk tertidur. Logikanya jika Anda mengatur waktu tidur demikian maka Anda cenderung akan mengulangi pola yang sama keesokan harinya.

3. Mencoba terapi

Mengalami sulit tidur akan menggangu pikiran, memunculkan rasa takut dan keyakinan yang buruk tentang tidur. Sederhananya adalah, semakin Anda berjuang mengatasi insomnia maka Anda akan makin cemas dengan insomnia. Dan kecemasan berlebihan ini akan makin menguatkan insomnia Anda.

Terapi perilaku kognitif akan melibatkan perilaku konkrit seperti mengatur waktu tidur yang teratur, termasuk kapan waktu untuk bangun di pagi hari. Latihan seperti ini bila dilakukan dengan positif akan menghasilkan pikiran yang rasional. Meskipun terapi mengatur pola tidur ini bisa dilakukan sendiri tetapi satu kali sesi bertemu dengan terapis mungkin akan lebih bisa membantu Anda mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur dalam waktu cepat.

4. Perawatan dengan obat medis

Untuk mendapatkan perawatan dengan meminum obat-obatan medis tentu saja Anda harus menemui dokte rterlebih dulu. Jangan sembarangan meminum obat tidur tanpa resep dokter. Anda harus tahu kandungan obat dan efek yang ditimbulkan oleh obat tersebut bagi tubuh Anda.

Anda tidak ingin terlepas dari insomnia namun terperangkap dalam gangguan kesehatan yang lain, bukan? Jika belum bisa menemui dokter, mungkin Anda bisa mencari tahu dan menggali informasi tentang obat medis apa yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi insomnia tanpa harus menggunakan resep dokter.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami. 

Related Posts