Mengapa Suatu Hubungan Itu Penting?
Love Coaching

Mengapa Suatu Hubungan Itu Penting?

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Suatu ikatan atau pertalian antar satu individu dengan yang lain disebut dengan hubungan dimana di dalamnya mencakup hasrat, cinta kasih, ketertarikan, perhatian, kasih sayag, dan lainnya. Cinta merupakan suatu emosi yang paling mendalam yang dimiliki oleh manusia.

Ada banyak jenis cinta, namun banyak orang mencari ekspresinya dalam sebuah hubungan romantis dengan pasangan yang cocok. Bagi individu ini, hubungan romantis menjadi salah satu aspek paling penting dalam kehidupan, dan menjadi sumber pemenuhan diri yang mendalam.

Kebutuhan akan keterhubungan antar sesama manusia merupakan kebutuhan bawaan, namun kemampuan untuk membentuk hubungan yang sehat dan penuh cinta harus dipelajari. Banyak yang menyebutkan bahwa kemampuan untuk membentuk suatu hubungan yang stabil dimulai sejak bayi.

Baca juga Faktor Penting dalam Hubungan Romantis yang Sehat

Di fase kehidupan awal ini bayi mengalami pertemuan dan ikatan dengan individu yang mengurus dan merawat kebutuhannya. Hubungan seperti ini bukanlah takdir, melainkan suatu pola hubungan yang tertanam dalam dengan orang lain. Sayangnya, akhir suatu hubungan seringkali menjadi sumber penderitaan psikologis yang besar.

Bagaimana membangun suatu hubungan yang sehat?

Suatu hubungan yang kuat memerlukan perawatan yang berkelanjutan, komunikasi yang baik dan nilai-nilai tertentu yang ditunjukkan selama proses pembentukan hubungan yang sehat berlangsung. Masing-masing harus mau saling meluangkan waktu dan perhatian dan berkomitmen untuk mengakomodasi perbedaan mereka, termasuk perubahan yang terjadi seiring perjalanan waktu.

Di abad 21, hubungan yang baik biasanya ditandai dengan keadilan emosi dan fisik, terutama dalam pendistribusian tugas utama untuk memelihara hubungan tersebut. Pasangan yang berada dalam suatu hubungan kuat selalu bersyukur atas satu sama lain, berpikiran terbuka dan menerima cinta kasih, dan terlibat dalam percakapan seksual yang jujur. Dalam suatu hubungan yang sehat, pasangan akan mencoba meruntuhkan keraguan untuk menciptakan rasa berada dalam satu tim yang sama. Rasa ini, jika terjaga baik dalam waktu yang panjang, akan membantu pasangan mengahdapi tantangan apapun bersama-sama.

Bagaimana suatu hubungan bisa gagal?

Setiap hubungan mencerminkan lompatan keyakinan bagi seseorang dan bahkan bagi pasangan yang bahagia, nilai-nilai yang menyatukan mereka pada akhirnya bisa rusak dan memisahkan mereka. Menguasai kemampuan untuk memelihara suatu hubungan berlangsung lama adalah sebuah kerja keras dan ancaman seringkali muncul tanpa diduga.

Dalam suatu hubungan, seringkali satu individu melihat visi dan masa depan mereka namun tidak jarang hanya satu orang saja yang melakukan aksi nyata. Dalam beberapa kasus, satu orang lagi hanya mengikuti saja tanpa melakukan aksi apapun, bahkan bisa melangkah ke luar dari hubungan itu tanpa komunikasi sedikitpun, bahkan mengirimkan teks pendek pun tidak.

Bagi beberapa pasangan, penghianatan adalah yang pertama dan terakhir, tak akan mau mengulangi pengalaman pahit yang sama untuk kedua kalinya. Namun cukup mengejutkan juga bahwa ada beberapa pasangan yang mampu bertahan dalam penghianatan tersebut. Walau begitu, sikap bertahan ini sudah melunturkan koneksi dan kemistri di antara mereka. Tinggal bersama selama bertahun-tahun tidak menjamin pasangan tetap terkoneksi.

Beberapa memutuskan untuk pergi dari kehidupan perkawinan dan lepas dari beban seketika. Namun bagi yang lain, kehilangan suatu hubungan bisa menyisakan trauma mendalam yang bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Bagaimanapun, putusnya suatu hubungan bisa menjadi pemicu stres yang berdampak pada ego dan harga diri yang tidak bisa diabaikan.

Wujudkan hubungan berpasangan yang ideal dengan bantuan Relationship Coach kami.

Related Posts