Bangun Citra Diri Positif untuk Menemukan Pasangan
Love Coaching

Bangun Citra Diri Positif untuk Menemukan Pasangan

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Citra diri adalah suatu hal yang dinamis dan selalu mengalami perubahan. Menciptakan dan menumbuhkan citra diri yang positif merupakan suatu proses berkelanjutan dan bisa berlangsung sepanjang kehidupan kita. Lalu, apa yang disebut dengan citra diri itu sendiri?

Citra diri adalah suatu pandangan pribadi atau sebuah gambaran mental yang dimiliki terhadap diri kita sendiri. Citra diri merupakan ‘kamus internal’ yang menggambarkan karakteristik diri kita, termasuk hal-hal seperti kecerdasan, kecantikan, keburukan, bakat, keegoisan, dan juga kebaikan. Karakteristik ini membentuk penampakan yang mewakili asset diri (kekuatan) dan kewajiban (kelemahan) sebagaimana kita memandangnya.

Bagaimana Citra Diri Terbentuk?

Citra diri merupakan suatu produk dari pembelajaran. Pengaruh di masa kecil, misalnya yang dating dari orangtua dan pengasuh, memberi pengaruh besar pada terbentuknya citra diri kita. Mereka adalah cermin yang merefleksikan citra diri kita. Dan, pengalaman kita dengan orang lain misalnya dengan guru, teman, dan keluarga menambahkan citra diri kita di cermin tersebut. Suatu hubungan akan memperkuat apa yang kita pikirkan dan rasakan tentang diri kita sendiri.

Gambar yang kita lihat di cermin bisa jadi nyata atau merupakan suatu tampilan terdistorsi akan diri kita sendiri. Berdasarkan pandangan ini, kita membangun citra positif juga negatif dimana kekuatan dan kelemahan yang kita miliki merupakan efek adopsi dari tindakan kita hari ini.

Kita sebagai manusia terus menyerap informasi dan mengevaluasi diri sendiri di berbagai area kehidupan, misalnya tampilan fisik (Bagaimana penampilanku?), performa (Bagaimana kinerjaku?), dan hubungan antar manusia (Seberapa penting diriku?).

Dengan citra positif kita bis amengenali dan memiliki asset dan potensi diri sembari bersikap realistis akan batasan kekuatan dan kelemahan kita. Dengan citra negatif kita fokus pada kesalahan dan kelemahan, memutarbalikkan kesalahan dan ketidaksempurnaan.

Baca juga 5 Tanda universal Kamu Bisa Jatuh Cinta

Citra diri itu penting karena cara berpikir tentang diri kita sendiri akan memberi dampak pada bagaimana kita merasakan diri kita sendiri dan bagaimana berinteraksi dengan orang lain di lingkungan sekitar dan bahkan seluruh dunia. Citra diri yang positif bisa meningkatkan kesehatan fisik, mental, sosial, emosional, dan spiritual. Dan di sisi lain, citra diri yang negatif akan mengurangi kepuasan dan kemampuan kita untuk berfungsi di area tersebut.

Bagaimana Cara Membentuk Citra Diri Positif?

Citra diri itu tidak bersifat absolut karena Sebagian citra diri kita itu bersifat dinamis dan berubah. Kita bisa belajar untuk membangun pandangan yang lebih akurat dan sehat tentang diri kita, sekaligus menghadapi tantangan distorsi yang muncul di cermin.

Citra diri bisa berubah sepanjang waktu. Citra diri yang sehat dimulai dengan belajar menerima dan mencintai diri sendiri. Setelah itu baru kita bisa diterima dan dicintai oleh orang lain.

Cara-cara yang bisa dilakukan untuk membentuk citra diri positif adalah sebagai berikut:

1. Buatlah daftar kualitas positif Anda

2. Minta orang lain untuk menggambarkan kualitas positif Anda

3. Tetapkan tujuan dan sasaran pribadi yang masuk akal dan terukur

4. Hadapilah distorsi pemikiran

5. Identifikasi dan menjelajahi label di masa kecil

6. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

7. Mengembangkan kekuatan diri

8. Belajar mencintai diri sendiri

9. Berikan afirmasi positif

10. Anda adalah unik

11. Ingatlah sudah seberapa jauh Anda berjalan

So, membangun citra diri positif tidak mudah namun bisa dilakukan. Bagi Anda yang masih single dan ingin menemukan pasangan yang tepat maka Anda harus memperkuat intensi dan pikiran untuk menarik kehadiran calon pasangan yang diinginkan.

Visecoach menyediakan program pendampingan khusus bersama Love Coach bersertifikasi dari ICF bagi Anda yang ingin:

1. Menata pola pikir dan perasaan yang selama ini menghambat kehadiran pasangan yang diimpikan.

2. Membangun citra diri yang mewakili kejujuran dan ketulusan Anda dalam menemukan pasangan.

3. Aktif menjalin interaksi dan terbuka untuk mencoba tanpa rasa takut ditolak oleh lawan jenis.

Dapatkan program pendampingannya disini dan bangunlah citra diri Anda dengan positif sehingga Anda bisa lebih percaya diri dan semangat menemukan pasangan impian Anda.

Wujudkan hubungan berpasangan yang ideal dengan bantuan Relationship Coach kami.

Related Posts