Lebih Produktif Dengan Pengelolaan Waktu yang Baik
Business Coaching

Lebih Produktif Dengan Pengelolaan Waktu yang Baik

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Pernahkah Anda merasakan waktu satu hari itu rasanya tidak cukup? Padahal kita semua memiliki jumlah waktu yang sama yaitu 24 jam satu hari. Lalu, kenapa sepertinya ada banyak orang yang bisa mencapai lebih banyak hal dalam satu hari dibandingkan orang lain? Jawabannya hanya satu, yaitu pengelolaan waktu yang baik.

Apa yang dimaksud dengan pengelolaan waktu? Adalah suatu proses pengaturan dan perencanaan membagi waktu yang kita miliki untuk berbagai aktifitas berbeda. Jika Anda bisa mengaturnya dengan baik maka Anda akan bekerja lebih cerdas bukan bekerja lebih keras, untuk menyelesaikan banyak hal dalam waktu yang terbatas.

Prinsip utama dari pengelolaan waktu adalah perencanaan, pengawasan, dan pengaturan. Ashley Ormon, seorang penulis buku, menyebutkan bahwa Anda tidak akan bisa mengembalikan waktu yang hilang, tapi Anda bisa memanfaatkannya dengan lebih baik kemudian.

Pengelolaan waktu termasuk suatu keahlian penting yang harus dimiliki oleh setiap orang dan harus menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Namun, semua itu tidak mudah karena lebih sering kita malah tersandung pada rasa malas dan penundaan. Ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk mengelola waktu dan untuk mencapainya diperlukan usaha yang berbeda untuk setiap situasi.

Baca juga Pentingnya Growth Mindset dalam Bisnis

Prinsip Utama Pengelolaan Waktu untuk Hidup  Produktif dan Seimbang

1. Perencanaan

Hal apapun yang akan Anda lakukan selalu memerlukan perencanaan. Luangkan waktu untuk membuat rencana di pagi hari apa yang akan Anda lakukan hari ini. Jika jadwalnya terlalu sibuk maka usahakan untuk meminimalisir distraksi sebisa mungkin.

2. Pengaturan dan prioritas

Bayangkan Anda diberi tugas untuk membuat presentasi dan Anda hanya punya waktu 3-4 hari untuk mempersiapkannya. Tugas menjadi semakin bertumpuk karena sebelumnya Anda sudah memiliki banyak tugas penting yang harus diselesaikan. Situasi seperti ini menimbulkan stress bagi setiap orang yang mengalaminya.


3. Aturan 80/20

Aturan ini dikenal dengan prinsip Pareto, suatu prinsip yang jika diaplikasikan pada pekerjaan artinya sekira 20 persen kerja keras akan menciptakan 80 persen hasil. Jadi, Anda harus fokus pada 20 persen memanfaatkan waktu Anda seefektif mungkin dalam satu hari itu.

4. Satu per satu

Seringkali kita ingin menyelesaikan terlalu banyak hal dalam satu waktu dan hasilnya malah nol. Orang yang mencoba untuk menyelesaikan banyak gol dalam satu waktu kerapkali kurang berdedikasi dan memiliki sedikit peluang untuk sukses dibandingkan mereka yang fokus pada satu gol dalam satu waktu. Orang sukses berkonsentrasi pada hanya satu hal dalam satu waktu.

5. Hindari distraksi

Anda duduk di meja dengan niat untuk menyelesaikan sebuah tugas apapun yang terjadi. Ketika Anda menyalakan laptop muncul pesan dari seorang teman di notifikasi Whatsapp lalu Anda lupa pada niat semula. Itulah contoh distraksi yang harus dihindari.

6. Delegasi

Delegasi artinya mengidentifikasi beberapa tugas yang bisa ditangani oleh orang lain dan menyerahkan tugas tersebut pada orang lain. Cara ini akan memberi Anda waktu lebih karena Anda bisa mendelegasikan tugas pada orang lain. Pilihlah orang yang untuk membantu Anda dan berbagi tanggungjawab sesuai dengan keahlian, ketertarikan, pengalaman dan kewenangan yang diperlukan untuk menyelesaikan satu tugas tertentu.

7. Tetap sehat dan bebas dari stress

Memberi perhatian pada tubuh Anda akan membantu Anda menjadi lebih sehat dan bugar secara mental dan fisik. Hanya orang yang sehat secara fisik dan pikiran yang bisa menyelesaikan tugas dengan cepat, mudah, dan efisien.

8. Belajar mengatakan “Tidak’

Kecuali teramat penting maka belajarlah untuk mengatakan “tidak” pada tugas yang dibebankan pada Anda. Sebaliknya, hematlah energi dan konsentrasi Anda untuk aktifitas yang dianggap penting dan menyenangkan bagi Anda.

9. Membuat jadwal yang realistis

Buat rencana sebelum pekan dimulai. Jangan terlalu ingin sempurna karena tidak ada seorangpun di dunia ini yang sempurna. Fokus saja pada usaha untuk menjadikan yang terbaik dan jangan khawatirkan hal-hal yang ada di luar kendali Anda.


Manfaat Pengelolaan Waktu yang Baik

Jika Anda bisa mengelola waktu dengan baik dan efektif maka ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

1. Lebih produktif dan efisien

2. Sedikit stress

3. Memiliki reputasi professional yang lebih baik

4. Mengalami kemajuan lebih cepat

5. Memiliki kesempatan lebih banyak untuk meraih sukses dalam kehidupan pribadi dan professional

Tak hanya itu, Anda juga akan merasa lebih memegang kendali dengan rasa percaya diri yang tinggi memanfaatkan waktu untuk hal yang lebih berguna. Dengan begitu Anda juga akan merasa lebih bahagia, lebih tenang, dan bisa berpikir lebih baik sehingga bisa membantu orang lain untuk mencapai goal dalam hidupnya.

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

Related Posts