Cara Mengatasi Tantrum Anak di Tempat Umum
Parenting Coaching

Cara Mengatasi Tantrum Anak di Tempat Umum

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Sebagian besar orang tua pernah mengalami anak tantrum di tempat umum. Tantrum bisa sangat membuat frustrasi dan memalukan. Tapi apa penyebabnya? Dan bagaimana cara menghindari atau menghadapinya?

Tidak ada satu jawaban yang pasti untuk pertanyaan-pertanyaan ini, karena tantrum dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda. Kadang-kadang, itu hanya karena anak kelelahan atau terlalu bersemangat. Di lain waktu, tantrumnya mungkin dipicu oleh sesuatu yang tampaknya kecil misalnya tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dan terkadang, tantrum itu suatu tanda bahwa seorang anak sedang mengalami semacam tekanan emosional.

Jika anak sering mengamuk, penting bagi orangtua untuk mencoba mencari tahu apa pemicunya. Anda mungkin perlu sedikit bereksperimen untuk mencari tahu penyebabnya. Anak-anak mengamuk itu juga hal wajar, tetapi kadang membuat frustasi orang tua ketika terjadi di depan umum. Berikut beberapa tips cara mengatasinya:

1. Tetap tenang

Cara ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi penting untuk dicoba. Jika Anda mulai berteriak atau panik, itu hanya akan memperburuk situasi. Alih-alih bereaksi dengan marah, cobalah untuk tetap tenang dan pahami bahwa anak Anda kemungkinan besar sedang di luar kendali. Akui perasaan mereka dan bantu mereka menemukan cara untuk mengekspresikan diri.

2. Abaikan amukan jika memungkinkan

Terkadang hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengabaikan anak Anda dan membiarkan mereka menyelesaikannya sendiri. Rasanya mungkin sulit jika ada banyak orang yang menonton, tetapi mudah-mudahan mereka pada akhirnya akan tenang.

3. Beri mereka waktu jeda jika perlu

Jika anak Anda benar-benar lepas kendali, Anda mungkin perlu memberinya waktu istirahat di tempat yang membuat mereka nyaman sampai mereka tenang.

Baca juga Ketahui Anak Remaja Kerap Bersikap menentang

Untuk diketahui orangtua bahwa tahun-tahun balita adalah masa perubahan besar – secara fisik, emosional dan mental. Bagi kebanyakan anak, tantrum juga merupakan hal biasa. Tantrum bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, namun cenderung lebih banyak terjadi di tempat umum.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi tantrum anak adalah dengan mencari tahu pemicunya. Biasanya, yang kebanyakan dialami orangtua, pemicu umumnya adalah rasa lelah, lapar atau frustrasi. Terkadang, ketika sedang berada di luar anak menginginkan sesuatu namun tidak dipenuhi oleh orangtua. Di momen inilah anak mulai mengekspresikan kekesalan, merajuk, atau marah karena permintaannya tidak dituruti.

Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari toko atau restoran selama jam sibuk, karena banyaknya orang di sekeliling bisa menjadi pemicu tantrum tersebut. Penting juga untuk membawa persediaan perlengkapan pribadi seperti makanan dan makanan ringan, air dan popok – untuk berjaga-jaga jika Anda membutuhkannya.

Tantrum di depan umum bisa memalukan, membuat frustrasi, dan benar-benar menakutkan. Namun, yang lebih mencemaskan adalah sikap beberapa orang tua ketika anaknya mengalami hal itu di depan umum malah memarahi anak karena malu dengan keributan yang dibuat oleh anaknya.

Sadarilah bahwa tantrum pada anak adalah hal biasa, semua orangtua pernah mengalaminya. Jadi, jika orangtua meneriaki atau mempermalukan anak di depan umum maka hal itu hanya akan memperburuk situasi dan dapat merusak hubungan orang tua-anak.

Yang terpenting, jangan menyerah pada anak Anda. Tantrum biasanya merupakan tanda bahwa anak membutuhkan bantuan ekstra untuk mengelola emosi mereka. Dengan kesabaran dan bimbingan, Anda dapat membantu mereka belajar bagaimana menangani perasaan mereka dengan cara yang sehat.

Bangun keharmonisan hubungan orang tua dan anak dengan bantuan Parenting Coach kami.

Related Posts