Tips Untuk Belajar Hal Apapun Lebih Cepat
Self-Growth Coaching

Tips Untuk Belajar Hal Apapun Lebih Cepat


“Learn as if you were not reaching your goal and as though you were scared of missing it”

― Confucius


Source: Getty Images / iStockPhoto

Mempelajari cara belajar adalah keterampilan yang sangat penting yang dapat berdampak besar pada kehidupan Anda, tetapi keterampilan ini tidak dapat dipelajari di sekolah.

Kebanyakan orang menggunakan teknik Cramming (Sistem Kebut Semalam), tetapi metode ini hanya memungkinkan Anda untuk mengingat hal-hal dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang Anda tidak akan mengingat apa pun yang Anda pelajari sebelumnya.

Mengetahui bagaimana proses pembelajaran bekerja akan membantu Anda belajar lebih efisien dan mengingat apa yang Anda pelajari lebih lama.

Kita akan selalu belajar hal baru. Belajar lebih cepat memberi Anda keunggulan kompetitif di dunia yang terus berubah.

Tip #1 Prepare

Anda harus mempersiapkan proses pembelajaran yang akan Anda lakukan. Anda harus menghabiskan banyak waktu untuk mencari tahu pembelajaran apa yang akan Anda pelajari di balik apa yang sebenarnya akan Anda pelajari.

Sebelum memulai proses pembelajaran Anda, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:

MENGAPA - Mengapa Anda ingin mempelajari keterampilan khusus ini?

APA - Konsep dan fakta apa yang perlu Anda pelajari?

BAGAIMANA - Bagaimana Anda memperoleh keterampilan ini?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, buatlah rencana terperinci untuk perjalanan belajar Anda. Dengan perencanaan yang tepat dan kerja keras, Anda dapat mempelajari hampir semua hal.

Tip #2 Fokus

Fokus saja pada satu hal pada satu waktu. Multitasking adalah sebuah mitos. Melakukan dua hal sekaligus adalah kontraproduktif dan tidak efisien. Misalnya, menonton TV sambil belajar matematika adalah ide yang buruk. Informasi yang Anda terima tidak akan menempel di kepala Anda. Anda harus benar-benar fokus pada apa yang Anda pelajari.

Dengan cara ini otak belajar lebih baik. Jika Anda mengalami kesulitan memulai sesuatu atau tidak memiliki motivasi untuk memulai, gunakan aturan 5 menit. Setelah lima menit meyakinkan Anda untuk melakukan sesuatu, Anda bisa berhenti. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan terus melanjutkan proses belajar tersebut setelah memulai.

Baca juga Cara Mempertahankan High Standards untuk Diri Sendiri dalam menjalani hidup

Tip #3 Immersion

Idenya adalah untuk membayangkan diri ke dalam lingkungan di mana Anda benar-benar akan menggunakan kemampuan yang Anda ingin pelajari.

Penulis Scott H. Young menjelaskan perjalanan belajar bahasa dalam bukunya Ultralearning. Dia menghabiskan setiap tiga bulan di negara baru dan hanya berbicara bahasa asli negara itu. Dia tidak pernah berbicara bahasa Inggris, tetapi setelah tiga bulan dia masih fasih dalam setiap bahasa yang dia coba pelajari.

Tip #4 Active Recall

Idenya adalah Anda belajar lebih baik dengan secara aktif mencoba mengingat informasi yang Anda coba pelajari.

Uji pengetahuan Anda setiap kali Anda mempelajari sesuatu yang baru. Anda perlu memberi otak Anda kesempatan untuk bekerja dan menyerap informasi.

Uji diri Anda untuk mengingat apa yang telah Anda pelajari:

- 1 jam kemudian

- hari berikutnya

- minggu depan

- bulan depan

Dengan cara ini, informasi tersebut tertanam kuat di kepala Anda. Dengan teknik Cramming, informasi tetap berada dalam memori jangka pendek Anda, dan dengan Active Recall,  informasi tetap berada dalam memori jangka panjang Anda.

Tip #5 Feedback

Dapatkan feedback sesering mungkin dan sesegera mungkin. Dengan begitu, Anda akan melihat melalui kesalahan yang Anda buat, sehingga Anda akan belajar lebih cepat.

Mendapatkan feedback tentang perilaku Anda juga merupakan ide yang bagus, tetapi di awal perjalanan belajar Anda, hal itu dapat menyakiti ego Anda dan dapat membuat Anda putus asa untuk melanjutkan perjalanan belajar Anda. Karena itu, penting untuk meminta pujian dan dorongan terlebih dahulu. feedback yang konstruktif dan kritis kemudian sangat membantu dalam membuat proses pembelajaran menjadi lebih efisien.

Sebagai penutup, karier terbaik membutuhkan banyak sekali keterampilan yang sangatlah kompleks. Keterampilan keterampilan tersebut tentunya tidak akan dapat dimiliki secara random. Keterampilan tersebut harus dipelajari dengan seksama oleh diri Anda. Anda dapat mengubah nasib Anda melalui peningkatan pola dan cara belajar mandiri Anda.

Maka dari itu,

1.  Siapkan rencana terperinci untuk perjalanan belajar Anda,

2.  Fokus mempelajari satu hal pada satu waktu,

3.  Membenamkan diri ke dalam lingkungan belajar,

4.  Secara aktif menguji pengetahuan Anda

5.  Temukan seseorang, yang dapat memberi Anda feedback yang membangun

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

{$detail->author->name}}
Darrian Jovan, CBC

Transformational and Performance Coach Check the profile at https://www.visecoach.com/darrian-jovan

Related Posts