Tips Sukses Membangun Bisnis Bersama Teman
Business Coaching

Tips Sukses Membangun Bisnis Bersama Teman

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Siapa yang tidak ingin menjalankan bisnis dengan partner yang kompak dan sepakat dalam berbagai aspek. Ketika dirasa memerlukan partner untuk menjalankan bisnis maka tentu kita akan memilih sosok yang terbaik. Hubungan yang dekat dengan sosok tertentu akan memudahkan kita untuk membangun bisnis bersama. Tak hanya itu, hubungan yang dekat juga bisa menjadi faktor pendorong agar bisnis berjalan lancar. Saling mengingatkan dan saling memotivasi ketika kinerja dan semangat sedikit kendor.

Seperti halnya hubungan pernikahan, dalam persahabatan pun akan muncul dinamika yang kadangkala tidak diharapkan terjadi. Persahabatan tidak selalu berjalan mulus, dan sebaiknya hal-hal seperti ini tidak menjadi boomerang bagi perjalanan bisnis yang sedang Anda bangun bersama.

Pengertian dan solidaritas menjadi hal yang sangat penting agar tidak terjadi kesalahpahaman yang akan mengganggu kestabilan bisnis. Jangan sampai ketika Anda membangun usaha bersama teman, usaha Anda berjalan lancar tetapi pertemanan Anda hancur.

Baca juga Mengapa Anda Membutuhkan Konsultan Bisnis

Beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk membangun bisnis bersama teman agar berjalan baik, adalah sebagai berikut:

1. Memisahkan masalah pribadi dengan bisnis

Buatlah batasan tertentu untuk urusan pribadi dan bisnis. Hindari membawa urusan bisnis dalam percakapan pribadi dengan sahabat Anda. Jika Anda ingin mulai bicara mengenai bisnis ada baiknya disebutkan terlebih dahulu bahwa pembicaraan Anda ini adalah mengenai bisnis, bukan urusan pribadi. Jangan sungkan untuk saling mengingatkan ketika masing-masing pihak bekerja tidak seperti semestinya dengan cara yang baik.

2. Bicarakan mengenai profit dari sejak awal

Transparansi adalah kunci agar bisnis yang Anda jalankan tidak hancur di tengah jalan. Bicarakan secara terbuka mengenai pembagian hasil yang akan didapat sesuai dengan peran dan porsi masing-masing hingga tercapai kata sepakat tanpa ada uneg-uneg lagi. Masing-masing pihak harus paham mengenai bisnis karena bisnis tidak sama dengan berjualan.

Bisnis memiliki visi, misi, tujuan, pencapaian, target, dan poin-poin lain yang harus dicapai. Bahkan, ada perbedaan antara dividen dan gaji. Pastikan masing-masing pihak memahami hal ini sehingga tidak menimbulkan konflik akibat kesalahpahaman salah satu pihak.

3. Menyamakan perspektif

Suatu bisnis memiliki visi misi yang akan diemban oleh suatu usaha dalam perjalanannya untuk berkembang dan meraih sukses. Anda harus memastikan bahwa partner Anda memiliki visi misi yang sama agar bisnis bisa berjalan sesuai rencana. Ada baiknya mendiskusikan perbedaan yang ada agar bisa mendapatkan titik temu dan tidak menimbulkan dampak buruk terhadap bisnis Anda ke depannya.

4. Menentukan pembagian tugas

Realisasi ide dan gagasan dalam bisnis tidak serta merta bisa dieksekusi dengan segera karena setiap ide memerlukan perencanaan yang baik dimana di dalamnya terdapat pembagian tugas yang seimbang. Pembagian tugas yang proporsional akan membantu bisnis berjalan dengan baik.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan agar hubungan pertemanan Anda tetap berjalan baik seiring dengan perkembangan bisnis yang Anda jalankan bersama partner Anda. Seperti yang disebutkan oleh John D. Rockefeller bahwa:

“Persahabatan yang dilahirkan dari bisnis adalah lebih baik dari bisnis yang dibangun atas dasar persahabatan.”

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

Related Posts