Resep Menyatukan Perbedaan Melalui Lingkungan Kerja yang Nyaman
Leadership Coaching

Resep Menyatukan Perbedaan Melalui Lingkungan Kerja yang Nyaman

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Sudah merupakan hal umum jika suatu organisasi memiliki banyak perbedaan di dalamnya. Perbedaan ini menjadi topik yang penting untuk dibicarakan karena menyatukan ragam perbedaan dalam satu tim tidaklah mudah. Bagaimana cara suatu organisasi melakukan pendekatan pada perbedaan?

Pengaruh budaya yang dibawa oleh masing-masing individu dalam sebuah tim akan memberikan pengaruh yang cukup besar pada hubungan kerja mereka. Kini, banyak organisasi atau perusahaan belajar untuk terus memahami karakter dan kultur yang dimiliki oleh setiap generasi berbeda yang ada di dalam perusahaan untuk menciptakan rasa bangga tim pada organisasi terlepas dari perbedaan yang dimilikinya.

Beberapa aspek perbedaan yang seringkali ditemukan adalah seperti berikut:

1. Usia

2. Jenis kelamin

3. Ras dan etnis

4. Orientasi seksual

5. Kemampuan dan ketidakmampuan

Apa saja yang menjadi bahan-bahan dari resep rahasia terciptanya tim yang solid di balik beragam perbedaan di atas? Salah satunya adalah memahami perbedaan kepribadian pada setiap individu. Kepribadian adalah hal yang tidak terlihat dan tidak berwujud. Dan, seringkali ketika suatu hal tidak terlihat maka orang lebih memilih untuk tidak membicarakannya.

Hal yang tidak disadari adalah kepribadian seseorang tidak hanya menciptakan kekuatan bagi individu tetapi juga menciptakan perbedaan. Kerpibadian yang seringkali menjadi stereotipe adalah kepribadian yang bertolakbelakang dengan kepribadian kita sendiri.

Baca juga Lebih Produktif Bekerja dengan kepemimpinan Diri

Stereotipe seperti ini menciptakan bias kepribadian. Sebagai contoh, di bawah ini beberapa contoh umum yang bisa dilihat bagaimana kita memandang suatu kepribadian individu berbeda dan serta merta melabelinya sebagai hal buruk.

·  Dia banyak bicara! – Dia tidak mau bicara!

·  Dia perfeksionis yang sangat teliti. – Dia tidak bisa mengikuti rencana!

·  Dia tidak bisa membuat keputusan! – Dia terlalu impulsif!

·  Dia terlalu emosional setiap waktu! – Kenapa dia harus melibatkan perasaan?

Contoh-contoh di atas menyajikan alasan mengapa penting sekali untuk membicarakan tentang perbedaan kepribadian (dan/atau perbedaan jenis apapun), karena jika tidak maka akan sangat mudah bagi kita untuk menunjuk suatu perbedaan negatif alih-alih meningkatkan kekuatan individu yang unik.

Membaurkan Perbedaan Menciptakan Hasil Inklusif

Jika kita melihat seorang pemimpin melakukan pendekatan pada perbedaan seperti kita melihat seseorang yang akan membuat kue, maka perbedaan yang ada itu mewakili bahan-bahan yang diperlukan oleh si tukang kue tersebut. Memiliki semua bahan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dengan ragam perbedaan merupakan langkah pertama. Jika Anda tidak melakukan sesuatu dengan bahan-bahan tersebut, maka Anda tidak akan mendapat manfaat apapun.

Berikutnya, ketika tukang kue membuat kue, setelah dia mengukur dan mencampur semua bahan menjadi adonan dan kemudian dipanggang. Setelah selesai dipanggang, kue itu kemudian dihias dengan lelehan cokelat yang manis. Nah, proses ini menggambarkan langkah berikutnya yaitu inklusi. Inklusi adalah tindakan yang Anda lakukan dengan bahan-bahan tersebut -seberapa baik Anda bisa menyatukan perbedaan individu agar bisa berkolaborasi dan menciptakan lingkungan dimana semua orang merasa nyaman.

Banyak pemimpin berpikir bahwa inklusi akan tercipta dengan sendirinya. Hal itu tidak tepat karena Anda tidak bisa menciptakan kue yang enak dan tampak menggiurkan hanya dengan mencampur bahan-bahannya saja. Seorang pemimpin harus bisa mendorong kultur yang melibatkan komunikasi terbuka, transparansi, kepercayaan, rasa hormat dan menghargai, juga saling memahami untuk terciptanya lingkungan inklusif yang nyaman bagi setiap orang hingga meraih sukses kemudian.

Pentingnya Perbedaan Kepribadian

Menciptakan kultur lingkungan yang nyaman bagi semua perbedaan memerlukan kerja keras namun layak untuk dilakukan. Jika suatu organisasi bisa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman maka organisasi bisa mendapatkan perspektif dan opini yang lebih luas lagi.

Melakukan pendekatan pada sebuah situasi dari berbagai sudut berbeda merupakan suatu keuntungan yang kompetitif dimana Anda bisa mendapat lebih banyak kesempatan dan hasil yang lebih baik. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif di atas ragam perbedaan adalah:

·  Meningkatkan produktifitas dan lebih cepat menggali ide serta gagasan potensial

·  Memecahkan masalah lebih cepat dengan melakukan pendekatan dari berbagai sudut pandang berbeda

·  Mendorong pemikiran out of the box dan meningkatkan kreatifitas

·  Meningkatkan proses pengecekan dan keseimbangan internal berdasarkan kepribadian yang berbeda.

Dari uraian di atas kita bisa melihat bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika perusahaan atau organisasi memiliki lingkungan kerja yang nyaman bagi tim. Tak hanya manfaat dari aspek bisnis, tetapi juga manfaat yang berguna bagi hidup orang-orang yang ada di dalam tim.

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts