Meningkatkan Kecerdasan Sosial Untuk Strategi Marketing Yang Lebih Baik
Business Coaching

Meningkatkan Kecerdasan Sosial Untuk Strategi Marketing Yang Lebih Baik

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Manusia, pada hakikatnya adalah makhluk yang bersosialisasi. Bahkan di masa modern sekarang masih banyak yang menyukai interaksi personal dibandingkan koneksi teknologi seperti email, chat, atau medoa sosial. Setinggi apapun level hidup digital seseorang tetap keinginan untuk terhubung secara langsung dengan orang lain akan selalu ada.

Satu bagian besar dari interaksi efektif adalah kecerdasan sosial, suatu istilah yang pertama kali disebutkan oleh seorang psikolog, Edward Thorndike, pada 1920. mengembangkan kecerdasan sosial akan sangat menguntungkan dalam banyak hal termasuk menciptakan strategi marketing yang lebih baik untuk bisnis.

Sebelumnya, mari kita cari tahu dulu apa yang dimaksud dengan kecerdasan sosial? Thorndike mendefinisikan kecerdasan sosial adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan mengerti orang lain, jug auntuk terhubung dan beradaptasi dalam interaksi sosial. Intinya, kecerdasan sosial adalah mengenai kemampuan untuk mengenali diri sendiri dan orang lain melalui suatu hubungan tertentu dan mampu mengelola situasi sosial yang muncul.

Baca juga 5 Taktik Perubahan Karir di Masa Pandemi

Manusia adalah makhluk sosial dan menguasai kecerdasan sosial akan membantu kita untuk berinteraksi dengan sesama dengan lebih lancar dan mampu membangun hubungan baik dengan orang lain.

Keputusan seperti apa yang dapat dipengaruhi oleh kecerdasan sosial?

Ada beberapa komponen kunci yang harus diingat terkait kecerdasan sosial, yaitu pemahaman dan kemampuan untuk terhubung dengan orang lain, bisa diaplikasikan langsung dengan marketing. Suatu brand produk atau layanan bukan hanya harus memahami visi, misi, ketungan  atau pembedanya saja, tetapi juga harus bisa memahami pelanggannya, kompetitornya, dan pasarnya.

Kecerdasan sosial membuat Anda bisa lebih memahami pelanggan. Saat Anda terhubung dengan pelanggan, Anda akan bisa memahami pribadinya, keinginannya, hobi dll. Hal ini juga akan membuat Anda lebih waspada terhadap poin yang bakal menjadi friksi yang merusak hubungan baik. Dengan kecerdasan sosial, Anda bisa menyesuaikan model sales yang akan digunakan, cara branding, membuat iklan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Kecerdasan sosial juga menjadi faktor penting atas keberhasilan brand di media sosial. Sekira 90% pengguna media sosial melakukan komunikasi bisnis menggunakan media ini, dan sekira 63% dari pengguna mengharapkan brand bisa menawarkan layanannya melalui media sosial. Jadi, menjadi kritis secara sosial adalah penting ketika berkaitan dengan pelanggan di media sosial, karena cara ini akan membuat Anda bisa mengantisipasi kebutuhan pelanggan, mempertimbangkan masukannya dan menyediakan layanan pelanggan yang istimewa.


Kecerdasan sosial membantu Anda memperkirakan kekuatan dan kelemahan kompetitor, memprediksi strategi mereka yang akan datang, dan mengidentifikasi peluang bisnis di pasar.

Secara spesifik, kecerdasan sosial akan membuat orang peka terhadap pembaruan yang muncul dari calon klien atau prospek yang sedang didekati. Tak hanya itu, orang dengan kecerdasan sosial tinggi bisa memilih dan fokus pada calon klien yang berpotensi besar menjadi pelanggan.

Pada akhirnya, kecerdasan sosial akan membuat Anda memahami perilaku, logika, dan strategi kompetitor sehingga memberi inspirasi dalam memahami lawan main di pasar. Anda bisa memperkirakan kekuatan dan kelemahan mereka, memprediksi strategi mereka yang akan datang, dan mengidentifikasi peluang bisnis di pasar. Hal ini akan membawa Anda bisa menentukan strategi marketing sendiri dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis seperti yang diharapkan.

Menjadi cerdas melalui membaca adalah penting, namun cerdas dalam praktek bisnis juga sama pentingnya karena kecerdasan sosial banyak diterapkan di berbagai aspek kehidupan termasuk marketing. Tak hanya akan membantu Anda memahami pelanggan dan berinteraksi dengan baik, tetapi juga menawarkan pencerahan untuk mengenali rival di lapangan melalui kekuatan dan kelemahannya. Dengan meningkatkan kecerdasan sosial dan menggunakan solusi yang relevan maka Anda akan bisa membuat strategi marketing yang baik dan meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan.

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

Related Posts