Meningkatkan Cara Berkomunikasi dan Kepercayaan Diri di Lingkungan Kerja
Self-Growth Coaching

Meningkatkan Cara Berkomunikasi dan Kepercayaan Diri di Lingkungan Kerja

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Komunikasi merupakan solusi dari banyak masalah yang timbul dalam hidup kita. Jadi, rasanya masuk akal ketika cara berkomunikasi dan memahami dampaknya itu akan berpengaruh besar pada cara kita berinteraksi dengan orang lain. Terutama ketika Anda berinteraksi di lingkungan pekerjaan dimana komunikasi menjadi suatu kemampuan yang cukup penting untuk dimiliki.

Apakah Anda pernah merasa ragu ketika berkomunikasi? Semua orang pernah merasakannya. Ada satu momen dimana kita ingin bicara tetapi urung karena merasa takut untuk mengatakannya atau merasa hal yang ingin disampaikan itu tidak cukup penting atau menarik bagi orang lain.

Memiliki kepercayaan diri untuk berbicara, memahami orang lain dan memiliki kemampuan komunikasi yang efektif membuat Anda lebih nyaman dalam bekerja dan berinteraksi sosial. Selain itu, komunikasi yang baik juga bermanfaat besar bagi keluarga dan menjadi contoh baik bagi anak-anak.

Ketika Anda merasa percaya diri berada di antara orang lain, maka Anda akan lebih:

1. Tenang

2. Dalam kendali

3. Fleksibel

4. Memperlakukan orang lain dengan baik

5. Yakin dengan diri sendiri

6. Mudah berkomunikasi

7. Bersikap objektif, tidak membiarkan perasaan mengendalikan diri

Pentingnya Percaya Diri dalam Komunikasi dalam Pekerjaan

Ketika Anda berkomunikasi dnegan orang lain maka merasa percaya diri saat berbicara adalah penting. Jika Anda kurang percaya diri saat berbicara maka pendengar akan berasumsi bahwa Anda tidak yakin dengan hal yang sedang Anda bicarakan.

Bayangkan, jika Anda sebagai seorang sales namun tidak memahami produk yang akan ditawarkan atau tidak memiliki testimoni konsumen yang pernah mendapat manfaat dari produk tersebut. Hal itu akan tersirat dalam pembicaraan Anda atau bahkan dalam penjelasan tertulis mengenai produk tersebut.

Baca juga Meningkatkan Keahlian Komunikasi di Tempat kerja dengan Komunikasi Asertif

Anda bisa membandingkan sendiri dengan melihat ulasan produk secara online. Perbedaan ulasan yang hanya menyalin deskripsi produk dari pabrik secara umum dengan ulasan dari konsumen yang sudah atau pernah menggunakan produk tersebut. Rasanya akan sangat berbeda karena konsumen tersebut percaya diri dengan ulasan yang disampaikan dalam bentuk tulisan ataupun secara lisan.

Pentingnya Percaya Diri dalam Komunikasi dalam Kehidupan Pribadi

Pernahkah Anda bicara dengan seseorang yang suaranya seperti sedang berguman, bergetar, pelan nyaris tidak terdengar dan penyampaian pesannya sulit dimengerti? Banyak momen seperti itu dan mungkin setiap orang pernah mengalaminya. Tidak melulu harus berhadapan tetapi mendengarnya melalui telepon juga bisa membuat kita mendeteksi orang tersebut berbicara kurang percaya diri.

Mungkin kita tidak akan selalu mendengarnya namun otak manusia dapat mendeteksi penyimpangan pada suara seseorang. Ketika orang tersebut berbohong, kurang percaya diri, takut, mengelak, atau apapun itu dapat dideteksi oleh otak kita. Mungkin inilah yang disebut dengan indera keenam yang dimiliki oleh manusia.

Mengatasi Rasa Kurang percaya Diri dalam Komunikasi

Adalah tentang belajar untuk lebih percaya diri secara umum yang akan membantu Anda menjalin komunikasi lebih baik dengan orang lain. Namun ada beberapa hal spesifik yang bisa Anda lakukan untuk membangun percaya diri saat berkomunikasi.

Salah satunya adalah mendengarkan dengan baik ketika orang lain sedang bicara pada Anda. Karena, memperhatikan secara penuh pada setiap ucapan mereka akan membuat Anda bisa merespon dengan tulus dan menciptakan percakapan yang jujur dan tidak egois.

Yuk, bangun kepercayaan diri dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, terutama jika Anda bekerja di lingkungan yang menuntut berbicara di depan orang atau kelompok. Dapatkan paket Premium Coaching di Visecoach dimana Anda akan mendapatkan pendampingan khusus dari Self-Growth Coach yang bersertifikasi global dari ICF (International Coaching Federation) untuk:

1. Mengatasi mental-block dan pikiran negatif yang menghambat kepercayaan diri

2. Membangun pola komunikasi yang mencerminkan kepribadian dan style Anda yang unik

3. Menguasai teknik singkat dalam berbicara yang menginspirasi orang lain

Seperti yang disebutkan oleh Dale Carnegie dalam bukunya ‘How to Win Friends and Influence People’  dimana setiap orang ingin dirinya diperlakukan penting oleh orang lain, dan dengan memahami hal ini maka Anda akan bisa menjadi seorang komunikator yang hebat.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts