Mengenal Emosi Negatif dalam Diri
Wellness Coaching

Mengenal Emosi Negatif dalam Diri

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Setiap individu pasti pernah merasakan emosi negatif menghampiri diri. Emosi negatif ini terasa tidak menyenangkan dan mengganggu. Beberapa contoh dari emosi negatif diantaranya adalah rasa sedih, takut, marah, atau cemburu. Perasaan ini bukan hanya tidak menyenangkan tetapi juga membuat aktifitas keseharian kita terganggu. Tak hanya itu, emosi negatif juga mengurangi kemampuan kita dalam menyelesaikan tugas-tugas atau goal hari ini.

Untuk diketahui, pada dasarnya tidak ada emosi yang buruk termasuk emosi negatif. Adalah normal setiap individu merasakan emosi ini dalam konteks atau situasi tertentu. Namun, ketika emosi ini menjadi berkelanjutan dan mengganggu kemampuan seseorang untuk menjalani hidup dengan normal, maka emosi negatif ini menjadi suatu masalah.

Setiap orang merasakan emosi negatif dari waktu ke waktu, namun di beberapa kasus, perasaan ini bisa jadi merupakan suatu tanda kondisi kesehatan seperti depresi atau kecemasan berlebihan.

Artikel ini menyajikan sedikit uraian mengenai jenis emosi negatif dan penyebabnya. Ada beberapa perasaan berbeda yang seringkali dikenali sebagai emosi negatif. Perasaan ini dianggap normal sebagai reaksi atas pengalaman atau peristiwa tertentu, namun di sisi lain perasaan ini cenderung menyebabkan stress dan merupakan hal yang tidak menyenangkan.

Baca juga Mengatasi Rasa Takut dan Cemas Berlebihan

Untuk itu, di bawah ini ada beberapa jenis emosi negatif yang umumnya Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Marah

2. Cemas atau takut

3. Apatis

4. Benci

5. Cemburu

6. Tidak aman

7. Sesal atau rasa bersalah

8. Sedih, kesepian, berkabung

9. Malu

Emosi negatif bisa berpangkal dari berbagai sumber berbeda. Terkadang hal itu merupakan hasil dari pengalaman atau peristiwa tertentu, misalnya Anda merasa kesal karena tim favorit Anda tidak memenangi laga, atau Anda marah ketika pasangan Anda dating terlambat di waktu kencan yang sudah disepakati.

Selanjutnya, emosi negatif juga bisa timbul dari berbagai hal di bawah ini:

1. Konflik hubungan atau relasi

Masalah yang timbul dari hubungan interpersonal merupakan penyebab umum dari emosi negatif. Tantangan seperti ini bisa muncul dari hubungan dengan teman, keluarga, rekan kerja atau pasangan romantic.

2. Kebutuhan yang tidak terpenuhi

Ketika kebutuhan Anda tidak dapat dipenuhi, terlepas dari jenis kebutuhan tersebut misalnya kebutuhan fisik, emosi, sosial, psikologis atau spiritual, maka adalah normal jika Anda merasakan kesedihan, kemarahan, kesepian, iri, dan emosi lain yang menyebabkan stress.

3. Kurangnya kemampuan mengatasi stress

Stress yang muncul dalam keseharian bisa memicu banyak perasaan mengesalkan jika Anda tidak mampu mengatasinya dengan baik. Kemampuan mengatasi situasi ini tidak efisien untuk mengelola stress dan emosi negatif. Bahkan, kurangnya kemampuan mangatasi stress ini bisa membuat masalah yang ada menjadi lebih rumit atau mengenalkan Anda pada masalah baru di situasi yang sama.

Dari uraian singkat di atas, Anda bisa lebih mengenali jenis-jenis emosi negatif yang seringkali timbul dan apa penyebabnya. Kesimpulannya, emosi negatif bisa jadi merupakan reaksi jangka pendek dari suatu peristiwa yang terjadi dalam hidup Anda, atau bisa juga berpangkal dari isu-isu tak terlihat di dalam diri seperti kebutuhan yang tidak terpenuhi, masalah hubungan antar personal, atau kurangnya kemampuan untuk mengatasi stress dalam keseharian kita.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts