Meditasi untuk Mengatasi Orang Menyebalkan
Wellness Coaching

Meditasi untuk Mengatasi Orang Menyebalkan

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Di masa sekarang rasanya tidak mudah bisa menemukan kebaikan dari orang-orang dalam keseharian kita. Orang menjadi semakin egois dan lupa untuk memperhatikan sekitarnya akibat kesibukan dan dinamika kehidupan yang semakin cepat berubah.

Terkadang pula Anda dihadapkan dengan kenyataan harus hidup berdampingan dengan orang yang bisa dibilang menyebalkan. Apa yang harus dilakukan dan bagaiman acara mengatasinya? Jika Anda berpikir tentang kebaikan sebagai suatu keahlian yang bisa dilatih dan dipupuk lalu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda akan bisa mengatasi gangguan tersebut secara perlahan.

Meditasi bisa membantu Anda menemukan cinta kasih untuk setiap orang dimana meditasi merupakan suatu cara Anda bisa mengirimkan pikiran tentang kebaikan dan cinta kasih pada orang yang dikasihi, pada orang di sekitar kita di lingkungan berbeda, dan pada orang yang penuh tantangan atau menyebalkan seperti yang disebut sebelumnya.

Dengan meditasi, pikiran buruk Anda akan perlahan tergantikan oleh pikiran yang lebih terbuka, menerima perbedaan orang lain, dan menggantikan emosi negatif dengan cinta kasih atau kebaikan.

Bagaimana cara melakukannya?

Donald Altman, seorang psikoterapis, penulis dan mantan biksu belajar dari latihan meditasi menggunakan metode tradisional para biksu Buddha. Ia mengatakan bahwa meditasi cinta kasih membantu kita untuk mengenali bahwa semua orang adalah rapuh dan pernah tersakiti. Untuk alasan ini, semua orang bisa mengambil manfaat dari cinta kasih dan perhatian yang tulus.

Baca juga Langkah-Langkah Meditasi Sederhana

Untuk melaukan meditasi cinta kasih ini Anda hanya memerlukan tempat yang hening untuk duduk tenang. Kemudian bayangkan orang yang paling Anda sayangi di keluarga dan katakan dalam hati, “ Semoga kamu sehat, baik, bahagia dan damai; Semoga kamu terbebas dari rasa sakit, kelaparan, dan penderitaan.”

Setelah beberapa menit mengucapkan mantra tersebut lalu tujukan pada diri sendiri, “Semoga aku sehat, baik, damai dan bahagia; Semoga aku terbebas dari rasa sakit, kelaparan, dan penderitaan.”

Lalu luaskan mantra tersebut lebih ke luar, pada orang-orang sekitar yang Anda kenal. Sebutkan nama orang paling dekat, lalu anggota keluarga, kemudian orang yang netral (misalnya rekan kerja yang Anda sukai namun tidak kenal terlalu dekat), dan akhirnya pada orang yang seringkali mengganggu Anda dengan perilakunya. Akhiri meditasi dengan menyebarkan mantra cinta kasih ini pada semua makhluk hidup tanpa kecuali termasuk binatang, tumbuhan, udara, tubuh kita dan tanah tempat kita berpijak.

Mantra ini bisa dikombinasikan dengan mantra untuk naas dimana Anda mengucapkan cinta dan kasih untuk diri sendiri sambil merasakan napas yang memasuki tubuh (misalnya mengatakan, “Semoga damai bersamaku.”) dan napas yang keluar dari tubuh (misalnya mengatakan, “Semoga semua orang dalam damai.”)

Setelah melakukannya berulang kali selama satu hingga lima menit, katakan, “Kamu akan merasa lebih aman, tenang, dan terhubung baik pada orang lain.” Latihan meditasi seperti ini bisa Anda lakukan secara teratur dimana manfaatnya sangat banyak, termasuk untuk mengatasi gangguan orang-orang yang dianggap menyebalkan.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts