Manfaat Growth Mindset Untuk Peningkatan Karir
Career Coaching

Manfaat Growth Mindset Untuk Peningkatan Karir

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Memiliki growth mindset artinya Anda mampu melihat jauh ke depan melewati status karir dan industri pekerjaan yang sedang dilakoni sekarang, dan Anda tahu bahwa Anda memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan. Melalui pembelajaran dan pengembangan diri, Anda bisa mengubah karir sesuai dengan yang Anda inginkan.

Memiliki perspektif seperti itu Anda akan membuka kesempatan berkembang untuk diri sendiri, meningkatkan kualitas hidup di berbagai aspek juga meningkatkan produktifitas dalam pekerjaan. Memiliki growth mindset artinya percaya bahwa kecerdasan dan potensi diri tidak ditetapkan sejak lahir, namun bisa dipelajari dan dikembangkan dengan fokus dan usaha yang tepat.

Growth mindset muncul berdasarkan teori neuroplastic, yaitu kemampuan otak untuk berkembang dan berubah kapan pun. Sedangkan antithesis dari growth mindset adalah fixed mindset dimana pola pikir ini merujuk pada teori dimana individu tidak dapat mengubah talenta dan kemampuan yang didapatnya sejak lahir.

Baca juga Tidak Pernah Terlambat Untuk Berganti Karir

Artinya dalam diri setiap individu terdapat growth mindset dan fixed mindset secara bersamaan. Sebagai contoh, seseorang akan menggunakan growth mindset ketika harus meningkatkan kemampuan atau skill dalam pekerjaan, namun menggunakan fixed mindset ketika menghadapi masalah hubungan antar personal.

Individu yang memiliki fixed mindset cenderung takut terlihat buruk dan tidak berani mengambil risiko. Hal ini menjadi hambatan saat menghadapi tantangan, menemui hal baru dan menerima goal yang didapat di tempat kerja.


Manfaat memiliki growth mindset di tempat kerja

Dalam berbagai bidang karir, keyakinan bahwa Anda bisa berkembang akan menjadi motivasi untuk menghadapi setiap tantangan yang muncul. Berikut, beberapa manfaat dari growth mindset dalam karir:

1. Anda akan berpandangan positif tentang hidup

Dengan meyakini diri bisa berkembang dan improving dengan melakukan perubahan, maka Anda akan berpandangan lebih positif tentang hidup. Anda bisa menginspirasi orang lain untuk tumbuh dan berkembang demi mencapai goal yang lebih tinggi.

2. Anda bisa beradaptasi dengan perubahan

Dengan growth mindset, Anda bisa lebih menerima dan beradaptasi dengan perubahan di tempat kerja. Menjadi pribadi yang bisa beradaptasi akan membantu Anda memperluas kemampuan teknologi, meningkatkan persahabatan di tempat kerja, dan menginspirasi ide-ide segar yang mendorong pendapatan dan keuntungan bagi bisnis.

3. Anda akan terinspirasi oleh upaya tim

Anda akan mencatat setiap pencapaian di tempat kerja dan menjadikan keberhasilan orang lain menjadi motivasi Anda untuk mencapai kesuksesan yang sama untuk diri sendiri. Setelah itu Anda akan merefleksikan pelajaran yang Anda dapatkan dari hal itu untuk kemudian meningkatkan pengetahuan di bidang kerja Anda. Dengan kata lain, growth mindset membantu Anda mengatur diri sendiri dan mengelola pikiran dan tindakan Anda untuk mencapai hasil yang sukses.

4. Anda menerima keadaan hari ini

Pola pikir growth mindset menghargai setiap kontribusi yang Anda berikan untuk tim dan pekerjaan Anda terlepas dari hasil yang didapatkan. Karena growth mindset fokus pada proses dan kesempatan belajar yang akan membawa Anda ke titik lebih baik esok hari.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts