Kenali Diri Sendiri Lebih Dekat dengan 5 Langkah Sederhana
Self-Growth Coaching

Kenali Diri Sendiri Lebih Dekat dengan 5 Langkah Sederhana

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Mengenali diri sendiri adalah suatu langkah penting untuk bisa mencintai dan mengasihi diri sendiri lebih dari sebelumnya. Perjalanan mengenali diri sendiri adalah perjalanan panjang. Disebutkan oleh seorang budayawan dari kota Bandung bahwa perjalanan 1000 km dapat ditempuh dengan mudah, namun perjalanan satu jengkal ke dalam hati belum tentu bisa dilakukan, bahkan sampai kita mati.

Merujuk pada pernyataan tersebut, langkah-langkah apa saja yang kiranya bisa membantu kita untuk mengenali diri sendiri dan memastikan perjalanan kita ke arah sana bisa ditangani dengan baik? Di bawah ini sedikit tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengenali diri sendiri dengan lebih baik.

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Memberi jatah waktu untuk diri sendiri akan menimbulkan dampak yang luar biasa. Anda bisa menyelami rasa dan diri Anda secara lebih dekat. Tidak perlu jauh-jauh untuk melakukan hal itu. Aktifitas sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan meditasi atau menulis jurnal harian dimana semua perasaan dan pemikiran Anda bisa dilepas dan tertuang dalam bentuk tulisan.

Refleksi diri

Menyelami pikiran dan hati lebih jauh ke dalam, lalu berhenti sejenak dan ajukan pertanyaan dan jawab oleh Anda sendiri dengan jujur. Contohnya:

1. Apakah ada sesuatu yang membuatmu emosi hari ini?

2. Jika iya, apa alasannya?

3. Apakah kamu bisa memaafkan dan menyayangi dirimu sendiri dengan layak belakangan ini?

4. Apa kamu bisa mengendalikan diri dari rasa takut akan penilaian orang lain belakangan ini?

Tunjukkan rasa kasih pada diri sendiri

Maafkan diri Anda atas segala kesalahan yang sudah dibuat, juga saat-saat dimana Anda harus menderita atau diperdaya orang lain. Karena Anda adalah manusia yang tak lepas dari kesalahan. Memang, bicara lebih mudah daripada dipraktekkan, namun cara ini adalah kunci untuk menjalin keterhubungan yang lebih baik dengan diri Anda sendiri. Ingatlah untuk bersikap baik dan lembut pada sosok paling penting dalam hidup, yaitu diri sendiri.

Baca juga Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Menambah Rasa Percaya Diri

Ijinkan diri Anda untuk sembuh dari luka

Ketika rasa kasih merasuk ke dalam sukma maka saat itulah proses menyembuhkan luka di dalam diri dimulai. Pulihkan diri terlepas dari kondisi apapun yang sedang Anda lakoni. Karena, apapun yang terjadi, tidak akan ada orang yang mampu menolong dari pertarungan Anda kecuali diri Anda sendiri.

Ingatlah untuk mengijinkan waktu menyembuhkan luka karena tidak ada kesembuhan secara instan. Anda sudah memulai proses penyembuhan diri sendiri ketika Anda memilih untuk memulai proses tersebut.

Menerima hal yang tidak dapat diubah

Tidak ada satupun manusia yang hidup di dunia ini sempurna, dan ada hal-hal yang tidak bisa diubah -dan itu tak apa. Alih-alih memandang kekurangan kita sebagai ketidaksempurnaan, cobalah melihat dari sudut pandang lain dimana kekurangan tersebut merupakan suatu keunikan tersendiri.

Misalnya, apakah Anda mengorok ketika tertawa? Tak apa. Itu artinya Anda sosok yang mudah tertawa dan ceria. Itu hal yang unik. Coba bayangkan siapa yang tidak ingin berteman dengan orang yang ceria dan humoris? Atau misalnya, apakah hidung Anda kecil? Tuhan sudah menciptakan bentuk wajah sesuai proporsinya dan setiap kita adalah indah sebagaimana adanya.

Penting untuk diingat bahwa segala sesuatu berjalan melalui proses dan tidak akan tercipta dalam waktu semalam. Dari proses tersebut akan tercipta progress atau kemajuan, perbaikan, peningkatan kualitas dan kemampuan untuk mengelola diri sendiri dengan lebih baik. Setiap kemajuan yang dicapai akan membantu Anda melihat potensi diri dan bagaimana cara memberdayakan potensi tersebut dengan baik.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts