Ciri-ciri Emotional Wellness yang Sehat
Wellness Coaching

Ciri-ciri Emotional Wellness yang Sehat

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Kesehatan emosional adalah topik yang ada di dalam pikiran banyak orang belakangan ini. Dan hal ini adalah hal baik. Di masa lalu juga ada fokus yang menitikberatkan pada kesehatan fisik namun aspek emosional sepertinya sedikit tersisihkan.

Terkadang orang mengatakan hidupnya begitu sibuk sehingga menjadikan hal tersebut kisah mereka, menjadi alasan, kenyataan yang tak tergoyahkan yang membuat mereka dalam keadaan konstan stres, lelah dan terlalu sibuk melakukan banyak hal.

Seringkali hal-hal yang dikorbankan atas nama kesibukan adalah:

1. Merawat diri

2. Aktifitas fisik dan kesehatan

3. Waktu dengan orang tercinta

4. Waktu untuk diri sendiri

5. Kesehatan mental dan emosional

Banyak orang yang telah mengorbankan hal-hal tersebut di atas sehingga malah membuatnya tidak sehat secara emosional, dimana keadaan ini merupakan hasil dari pengorbanan yang dilakukan. Tapi, Anda tidak sendiri. Banyak orang yang mengalami kondisi tersebut.

Baca juga Pentingnya Menjaga Gaya Hidup Sehat

Bagaimana melihat ciri-ciri individu yang memiliki kesehatan emosional yang baik? Jika lima ciri di bawah ini ada pada Anda maka kemungkinan kesehatan emosional Anda termasuk baik.

1. Anda selalu bersyukur dalam segala aspek kehidupan

Rasa syukur adalah pondasi dari semua kebaikan dan hal positif. Melatih diri untuk bersyukur tentu saja merupakan jalan yang tepat menuju kesehatan emosional yang baik dan stabil. Indikasi besar dari sehatnya emosional kita adalah kemampuan untuk mengenali semua hal yang bisa disyukuri dalam hidup.

2. Tidak segan meminta dukungan -dan sering melakukannya

Meminta dukungan bukan tanda kalau kita lemah. Sebaliknya, mampu berbicara dan meminta bantuan untuk kebutuhan kita merupakan tanda kekuatan, keberanian, dan kesehatan emosional yang baik. Tidak apa-apa untuk merasa tidak dalam kondisi baik. Dan tidak apa untuk meminta bantuan orang lain.

3. Bertindak penuh kasih

Seperti yang dinyatakan oleh Dalai Lama bahwa cinta kasih dan toleransi bukanlah tanda kelemahan melainkan kekuatan kita. Kita semua adalah manusia, dan dari waktu ke waktu, terkadang kita bisa kehilangan kesabaran dan merasa kecewa. Namun, patut untuk diingat bahwa setiap orang sedang menjalani perjalannya sendiri dan kita tidak pernah tahu apa yang mereka hadapi dalam perjalanannya tersebut. Jadi, sebelum menilai orang lain, cobalah untuk memandang dari perspektif cinta kasih dan pastikan Anda memilikinya.

4. Olahraga

Mengeluarkan keringat, melepaskan hormon endorfin, dan membuat tubuh bergerak akan membantu mengurangi stres dan kegelisahan, tetap berpijak di atas tanah, mendorong kepercayaan diri, dan membantu membuat keputusan.

5. Menjaga hubungan yang baik dan melepaskan hubungan yang meracuni

Bagian besar dari kondisi kesehatan emosional yang baik adalah tentang hubungan yang kita miliki dengan orang lain. Ada pepatah yang mengatakan bahwa kita adalah gabungan dari lima orang terdekat dalam hidup kita. Mari kita pahami, alasan mengapa pepatah itu benar adalah bahwa orang-orang terdekat kita bagaikan cermin. Jika kita dalam kondisi sehat secara emosiona maka kita akan menarik orang lain untuk bersikap sama. Jika tidak, maka mereka pun tidak.

Jika Anda memiliki suatu hubungan dalam hidup yang tidak membuat Anda nyaman, tidak menyemangati atau tidak membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik, maka sudah waktunya Anda melepas itu atas nama kesehatan mental dan emosional Anda.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts