Bagaimana Menyokong Kesehatan dan Wellness Karyawan Saat Kerja Jarak Jauh
Wellness Coaching

Bagaimana Menyokong Kesehatan dan Wellness Karyawan Saat Kerja Jarak Jauh

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Fenomena kerja jarak jauh hari ini sudah bukan hal aneh lagi yang dilakukan. Banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kerja jarak jauh atau kerja dari rumah untuk karyawannya karena kondisi dan situasi yang tidak memungkinkan untuk kerja di kantor.

Bagi beberapa orang, kerja di rumah artinya menciptakan rutinitas sehat yang baru. Beberapa yang lain mungkin sudah memiliki rutinitas positif yang dilakukan sejak lama di rumah. Untuk sistem kerja dari rumah ini, perusahaan bisa membantu karyawan untuk tetap sehat dan tenang dengan latihan meditasi dan kerjasama tim agar tetap terhubung dengan baik.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menyokong kesehatan dan welness karyawan saat bekerja dari rumah, sebagai berikut:

1. Menyarankan aktifitas fisik di rumah

Saat bekerja dari rumah, banyak karyawan mendapatkan distraksi yang membuat mereka kurang produktif. Terkadang pula mereka tidak menyadari bahwa mereka harus beristirahat dan meluangkan waktu untuk kegiatan fisik. Apalagi jika Anda harus membagi waktu untuk pekerjaan dan anak-anak serta pekerjaan rumah lainnya.

Baca juga Tips Mendorong Wellbeing Untuk Hidup Produktif

Olahraga yang bisa dilakukan di rumah di antaranya yaitu yoga, meditasi, aerobik, menari atau sekadar membersihkan rumah dari bagian depan hingga belakang dengan seksama. Siapa menyangka kegiatan bersih-bersih rumah ini bisa membuat Anda begitu berkeringat jika dilakukan dengan benar.

2. Membuat setiap orang merasa menjadi bagian dari tim

Dengan seluruh tim bekerja dari rumah, beberapa karyawan mungkin ada yang merasa terabaikan. Namun di sistem kerja hari ini ada banyak alat kolaborasi yang tersedia untuk membantu karyawan merasa terlibat dan terhubung dengan semua anggota tim.

Perusahaan bisa membantu dengan menyediakan alat tersebut tanpa biaya, misalnya seperti menyediakan fasilitas dimana orang bisa terhubung dalam suatu acara kantor melalui video conference. Mengingat hari kelahiran dan perayaan masa kerja dalam kemasan yang penuh perhatian juga menyenangkan. Hal ini akan membuat karyawan diingatkan bahwa mereka juga bagian penting dari tim, meskipun tidak bertemu secara fisik di kantor.  

3. Menyiapkan program relaksasi untuk karyawan

Meskipun tidak bekerja di kantor tetapi perusahaan bisa memastikan karyawannya belajar mengelola perilaku pelepasan stres yang bisa dilakukan di rumah dengan program-program relaksasi seperti berikut:

- Program pernapasan

Program ini menyediakan panduan untuk melati pernapasan yang bisa membantu individu untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan mengurangi kecemasan berlebih.

- Tidur berkualitas

Untuk meningkatkan kualitas tidur, perusahaan bisa menyediakan program kegiatan mindfulness untuk membantu menambah semangat di pagi hari. Dengan program rutin seperti ini individu bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, berkurangnya stres, dan lebih produktif.

- Inovasi lain yang bisa diperkenalkan perusahaan untuk menyokong karyawannya adalah dengan mengenalkan alat yang bisa dipakai seperti fitness tracker atau smartwatch yang menyediakan fitur-fitur seperti manajemen stres dan alat mindfulness bersama dengan penelusuran langkah kaki, temperatur dan baterai yang memungkinkan orang untuk menggunakan alat itu secara terus menerus, bahkan ketika tidur untuk menelusuri kadar kualitas tidur yang diperlukan.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts