Bagaimana Menjadi Orangtua Tunggal yang Kuat
Parenting Coaching

Bagaimana Menjadi Orangtua Tunggal yang Kuat

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Apakah menjadi orangtua tunggal membuat Anda merasa jengah dan penuh keraguan? Anda tidak sendirian. Banyak orangtua tunggal berada dalam situasi sama memikirkan apakah yang dilakukan selama ini sudah cukup untuk anak-anak.

Namun, jika Anda terus menerus mempertanyakan hal ini maka Anda bisa mencoba untuk membuat daftar hal-hal yang sudah dikerjakan dengan baik. Yakin, pasti ada banyak hal baik dan menakjubkan yang tercantum disana. Orangtua tunggal secara konsisten mengorbankan banyak kebutuhan dan keinginan mereka demi mendahulukan anak-anaknya.

Dan, ada banyak hal lain yang akan membuat Anda menjadi orangtua tunggal yang lebih kuat dengan menetapkan prioritas. Berikut ini beberapa kebiasaan penting dan pola pikir yang bisa Anda kembangkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Tentukan goal yang jelas

Penting sekali untuk mendapatkan gambaran jelas dalam pikiran Anda tentag apa yang Anda inginkan untuk diri sendiri dan anak-anak. Disinilah dimana keyakinan, determinasi, dan komitmen yang diperlukan untuk menjadi orangtua tunggal yang kuat.

2. Teratur dan rapi

Tidak ada yang lebih sibuk dari orangtua tunggal yang melakukan banyak hal dalam satu waktu setiap harinya. Anda harus memiliki jadwal yang bisa diatur sendiri, termasuk kegiatan rutin anak-anak, pekerjaan rumah, dan semua hal yang terkait dalam jadwal tersebut. Dengan adanya jadwal yang terorganisir dan rapi maka anak-anak akan mendapatkan keuntungan dimana orangtua akan selalu hadir di setiap saat mereka membutuhkan.

Baca juga 7 Isu Orang Tua dan Cara Mengatasinya

3. Fleksibel

Serapi apapun Anda akan selalu muncul hal-hal yang di luar dugaan dan tidak termasuk dalam rencana. Ketika hal ini terjadi, maka berpikirlah kreatif dan mencari solusi alternatif. Jika tidak bisa menjemput anak dari sekolah maka hubungi orang yang bisa dipercaya untuk melakukannya untuk Anda.

4. Tegas

Orangtua tunggal tahu bahwa mereka harus mendemonstrasikan tindakan yang sesuai dengan ucapan di hadapan anak-anaknya. Tapi bukan berarti Anda menjadi kaku dan tidak bisa mengubah pikiran. Dan jik aterkait dengan pendisiplinan diri anak-anak maka Anda harus melakukannya dengan konsekuen dan percaya diri.

5. Tahu kapan tergantung pada orang lain dan bisa mengandalkan orang lain

Ini hal sulit karena sebagaiorangtua tunggal Anda mungkin terbiasa mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. Namun, Anda juga paham bahwa ada masa-masa dimana Anda membutuhkan waktu sendiri dan ada saat dimana Anda ingin dikelilingi oleh teman atau sahabat yang bis amembantu Anda melewati hari ini.

6. Percaya diri

Ini merupakan hal terpenting bagi orangtua tunggal. Situasi yang Anda hadapi mungkin tidak sempurna, tetapi mencukupi. Cobalah untuk melihat lagi ke belakang hal-hal apa yang sudah Anda lalui dan seberapa sukses Anda bisa melaluinya. Ketahuilah bahwa Anda sudah menjadi lebih kuat sekarang dibandingkan Anda di saat memulai perjalanan ini seorang diri saat itu.

7. Kesulitan itu hanya sementara

Orangtua tunggal memiliki pandangan sendiri. Anda bisa melihat bahwa kesulitan yang Anda hadapi sekarang tidaklah sebesar kesulitan yang sudah Anda taklukan beberapa waktu silam. Teruslah menyebar cinta dan keyakinan diri akan tumbuh terus menerus. Ketika Anda bisa melihat bahwa perjuangan keras ini hanya sementara maka Anda akan bisa melihat diri Anda jauh ke depan.

Bangun keharmonisan hubungan orang tua dan anak dengan bantuan Parenting Coach kami.

Related Posts