Arti Hidup dan Membuka Potensi Terbaik Diri
Life Coaching

Arti Hidup dan Membuka Potensi Terbaik Diri

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Apakah arti hidup sebenarnya? Pertanyaan ini mirip seperti bayangan, selalu mengikuti kemanapun kaki melangkah meskipun kita tidak melihat ada di sebelah mana dan seperti apa bentuknya. Semua orang menginginkan hidup yang berarti. Semua orang menginginkan semua ini bukan hanya sekadar peristiwa kosmik saja. Sisi baiknya, menemukan tujuan hidup itu bisa dilakukan di usia berapa saja, namun tetap pertanyaan itu harus diajukan terlebih dulu agar kita bisa mengerti.

Mari kita coba untuk memahami dengan fokus pada diri sendiri. Untuk bisa menemukan arti hidup maka kita harus isa menggali lebih dalam ke pertanyaan yang lebih spesifik. Kita harus mengerti nilai-nilai diri juga potensi dan bakat kita. Ada tiga pertanyaan yang bisa diajukan, yaitu:

1. Apa yang penting bagiku?

2. Apa kemampuan/keahlian terbaikku?

3. Apa potensi diriku?

Mari memahami sedikit penjelasan mengenai ketiga pertanyaan di atas.

Apa yang Penting Bagiku?

Bagi banyak orang, pertanyaan ini merupakan pertanyaan tersulit dari tiga pertanyaan tadi karena kebanyakan dari kita selalu melihat ke luar diri dan menunggu orang lain untuk mengatakan hal apa yang menjadi penting bagi diri kita. Ketika kecil, orangtua menyediakan bimbingannya. Ketika dewasa, kita mendapat pengaruh dari teman, pasangan, rekan kerja, juga media. Namun tidak banyak yang berhenti lalu melihat ke dalam diri dan memikirkan nilai-nilai yang kita miliki.

Baca juga Cinta Saja Tidak Cukup

Cobalah untuk memaksa diri menjawab pertanyaan ini di level berbeda. Apa masalah terbesar di dunia ini menurut pandangan kita? Apa penyebabnya? Siapa orang yang paling penting dalam hidup kita? Apa mimpi dan aspirasi kita? Apa nilai-nilai yang kita miliki? Seberapa baik gaya hidup kita sekarang jika dikaitkan dengan nilai-nilai diri yang dimiliki?

Pertanyaan-pertanyaan tadi tidak akan terjawab dalam satu hari, atau mungkin tidak akan terjawab sampai waktu yang tidak diketahui. Maka kembalilah pada pertanyaan it uterus menerus dan carilah arti dari perjalanan hidup yang selama ini kita lalui.

Apa Kemampuan/Keahlian Terbaikku?

Untuk bisa menemukan arti hidup kita harus melihat pada nilai-nilai diri dan membuka kemampuan. Jika bisa melakukannya maka Anda bisa memberi sedikit kontribusi untuk menjadikan dunia lebih baik dan memperkaya potensi diri.

Setiap orang memiliki talenta dan sifat yang unik. Bagaimana Anda bisa menggambarkan kemampuan dan talenta diri? Apakah Anda seorang komunikator yang bagus? Apa Anda senang mengajar? Apa Anda termasuk orang yang kreatif, analitik, penyayang atau tidak disiplin? Apakah ada olahraga tertentu yang terasa alami selalu Anda lakukan dengan senang hati?

Jangan biarkan penilaian masyarakat menghalangi mimpi yang Anda miliki. Raihlah mimpi itu. Semakin unik talenta yang Anda miliki maka semakin Anda akan terarah menuju arti dari hidup yang Anda jalani.

Apa Potensi Diriku?

Dua pertanyaan sebelumnya adalah tentang mempertanyakan pada diri Anda sendiri, namun pertanyaan ini fokus tentang pencapaian, akan menjadi seperti apa kita nanti. Masing-masing kita memiliki potensi untuk mencapai kesuksesan, tentunya dengan cara sendiri yang berbeda. Karena hidup itu penuh dengan pilihan.

Apakah Anda ingin melalui jalan yang selama ini Anda kenal? Atau Anda ingin menetapkan jalur baru? Apakah Anda mau menerima hidup seperti apa adanya? Apakah pencarian potensi diri akan membawa Anda pada kesempurnaan perjalanan hidup? Apa yang ingin Anda capai untuk sepuluh tahun ke depan? Anda ingin menjadi pribadi yang seperti apa? Apa yang membuat Anda bangga pada diri sendiri?

Pada akhirnya, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan, “Apa arti hidup?” Anda hanya bis amenjawab pertanyaan, “Apa arti dari hidupku?” Jawabannya tak akan muncul secepat kilat karena jawabannya akan muncul seirig dengan cerita perjalanan dalam kehidupan yang Anda jalani hingga saat ini.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts