Apa itu Mindfulness dan Manfaatnya?
Wellness Coaching

Apa itu Mindfulness dan Manfaatnya?


Thich Nhat Hanh, seorang guru spiritual asal Vietnam, mengatakan bahwa hadiah paling berharga yang bisa kita berikan kepada orang lain adalah kehadiran kita seutuhnya.

Kita semua sering berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain, apakah itu keluarga, teman, kolega, atasan, atau siapa pun yang hadir dalam hidup kita.  Agar kehadiran kita dirasakan bermanfaat dan menyenangkan untuk orang lain, diperlukan yang namanya Mindfulness atau dalam bahasa Indonesia artinya “Sadar Utuh”.  Jadi apakah artinya Mindfulness?

Mindfulness artinya menyadari dan memberikan perhatian utuh atas semua kejadian yang kita alami setiap saat tanpa penolakan/menghakimi/ prasangka. Definisi ini dicetuskan oleh Jon Kabat Zinn, seorang professor di bidang medis dari Amerika, yang pertama kali menciptakan program Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) di tahun 1979 untuk membantu pasien-pasien dengan penyakit kronis.  Jadi Mindfulness atau Sadar Utuh artinya kita hadir penuh, di sini dan kini (Be Present Here and Now) di setiap saat dalam kehidupan kita.

Baca juga Bagaimana Neuroscience Melihat Well-being?

Mindfulness ini merupakan cara agar kehidupan manusia lebih baik dan bahagia.  Ada 5 hal yang bisa anda dapatkan bila konsisten berlatih Mindfulness:

1. Mengurangi overthinking dan pikiran negative. 

Bila saat ini anda kebanyakan berpikir karena kesibukan di kantor ataupun di rumah, maka latihan mindfulness akan membantu anda lebih fokus kepada hal yang positif dan yang paling penting untuk ditangani saat ini.

2. Mengurangi stress dan cemas. 

Stress atau cemas bisa datang karena kita terpengaruh oleh pikiran tentang hal terburuk yang mungkin terjadi di masa depan.  Stress dan cemas berlebihan dapat mengurangi kemampuan kita berpikir, mengacaukan emosi dan pengambilan keputusan serta menurunkan fungsi imunitas.  Mindfulness membawa kita ke kondisi saat ini, sehingga kita bisa lebih tenang, berpikir lebih jernih dan lebih efektif.

3. Membantu pengembangan Kecerdasan Emosi (EQ). 

Langkah pertama dalam Kecerdasan Emosi adalah menyadari diri sendiri (self awareness), termasuk pikiran dan emosi yang sedang dialami.  Latihan mindfulness memampukan kita untuk menyadari dan menerima emosi, mencegah reaksi destruktif, mendapatkan pembelajaran dan mengambil keputusan/respon terbaik.

4. Meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain. 

Mindfulness membuat kita lebih mampu mendengarkan, berempati dan bersabar saat berhubungan dengan orang lain.

5. Meningkatkan kesehatan mental dan fisik. 

Latihan minduflness secara konsisten akan membawa kita ke perasaan tenang, bahagia dan bersyukur sehingga badan kita juga menjadi lebih sehat.

Melihat manfaat diatas, maka tidak berlebihan bila dikatakan bahwa Mindfulness ini adalah Life Skill yang sangat penting bila anda ingin hidup lebih bermakna dan bahagia. Mari kita belajar lebih banyak tentang Mindfulness dan meniatkan untuk melatihnya setiap hari. 

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami. 

{$detail->author->name}}
Arida Wahyuni, CEC

Mindfulness & Emotional Intelligence Coach Check the profile at https://www.visecoach.com/arida-wahyuni

Related Posts