Apa itu Leadership Coaching?
Leadership Coaching

Apa itu Leadership Coaching?

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Leadership Coaching adalah jenis coaching yang ditujukan bagi para eksekutif setingkat CEO, COO, General Manager, hingga Team Leader, untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinannya  dalam organisasi. Seorang Coach bekerjasama dengan seorang Leader untuk kurun waktu tertentu mulai dari tiga hingga enam bulan dalam satu hubungan yang bersifat partnership dan kolaboratif.

Coaching adalah bentuk pelatihan yang dilangsungkan dalam jangka waktu panjang karena dalam proses pengembangan area kepemimpinan tersebut diperlukan pemantauan secara berkala. Sebelum dimulai, Coach dan Leader akan menetapkan tujuan di awal untuk menyelaraskan fokus dan konsentrasi pada aspek-aspek pengembangan yang sudah ditetapkan secara spesifik.

Mengembangkan Potensi Leadership

Leadership coaching fokus pada pengembangan potensi Leader supaya menjadi pemimpin yang lebih baik dan mampu mengelola kompleksitas organisasi yang semakin dinamis. Seorang Leader diharapkan mampu berpikir visioner terhadap perubahan yang bersifat destruktif dan menyesuaikan gaya kepemimpinannya dengan dinamika budaya di dalam organisasi.

Mengapa Leadership coaching ini menjadi penting? Karena tantangan sesungguhnya bagi seorang Leader bukan hanya di aspek kinerja dan prestasi yang baik dengan masa bakti cukup lama, tetapi juga kreatif mendorong pengembangan diri orang lain dan mampu mengelola ekspektasi beragam dari stakeholder di dalam organisasi.

Baca juga 3 Tren Leadership di Era Milenium

Di dalam Leadership Coaching ini, potensi seorang Leader dalam berkomunikasi, membangun relasi, mengembangkan potensi tim dan talenta bisa dikembangkan ke tingkat yang lebih baik. Tak hanya itu, Leadership Coaching juga membantu Leader untuk memiliki kemampuan berpikir jauh ke depan, memiliki intuisi bisnis yang kuat, dan berpikir kreatif dalam mengakuisisi pasar.

Maju bersama Leadership Coach

Seorang Coach memiliki peran sebagai mitra yang membantu Leader menyadari kekuatan dirinya dan menutupi kelemahan yang ada, lalu mempelajari banyak hal baru sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya.

Yang lebih penting lagi mengenai Leadership Coaching ini adalah leader didorong untuk memiliki mindset dan perilaku yang selaras dengan kualitas kepemimpinan.

Beberapa contoh dari kualitas kepemimpinan yang diharapkan tumbuh dari Leader ini adalah mempercayai dan peduli pada orang lain, memimpin dengan contoh atau Leading by Example, mampu mengambil keputusan strategis dalam situasi menantang, dan mengelola emosi tanpa bersikap reaktif dalam situasi kritis.

Bukan hanya manfaat individual yang akan didapatkan oleh seorang Leader di dalam Leadership Coaching ini, tetapi juga kemampuan meningkatkan hubungan komunikasi atau engagement dengan anggota tim di dalam organisasi.

Perkembangan baik ini menstimulasi dampak positif bagi proses bisnis organisasi karena dengan kolaborasi yang apik akan tercipta kinerja yang makin meningkat.

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami. 

Related Posts