Anda Pemalu? Ini Tekniknya Agar Tampil Percaya Diri
Self-Growth Coaching

Anda Pemalu? Ini Tekniknya Agar Tampil Percaya Diri

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Tidak pernah terlintas dalam benak orang yang pemalu bahwa rasa itu bisa sangat melemahkan, terutama bagi seorang professional. Jika Anda merasa sebagai orang yang pemalu maka berlatihlah untuk mengatasinya dan belajar lebih percaya diri. Rasa malu bisa menjadi penghambat karena biasanya orang lebih memilih untuk menghindari situasi publik dan memilih untuk diam. Pilihan yang diambil ini akibat dari rasa gugup dan cemas yang kronis.

Jika Anda salah satu dari orang yang pemalu, tenang saja Anda tidak sendirian karena banyak orang yang juga merasakan hal sama. Namun, kabar baiknya, rasa malu itu bisa diatasi. Tentunya dengan waktu dan usaha serta keinginan untuk berubah, maka semuanya itu mungkin terjadi.

Namun jika rasa malu Anda terlalu kronis mungkin Anda harus menemui terapis agar bisa mengatasinya dengan baik. Beberapa teknik di bawah ini bisa membantu Anda mengatasi rasa malu dan membuat Anda lebih percaya diri.

1. Jangan katakan

Tidak ada manfaat dengan mengatakan pada orang lain bahwa Anda pemalu. Orang yang dekat dengan Anda pasti sudah mengetahuinya sendiri, dan orang lain yang belum mengenal Anda tidak akan memperhatikan hal itu. Rasa malu tidak seterlihat yang Anda kira.

2. Bersikap santai

Jika orang lain membangkitkan rasa malu Anda maka tetapkan nada suara Anda sesantai mungkin. Jika hal itu menjadi pembicaraan atau sebuah diskusi, maka bicarakanlah dengan ringan.

3. Ubah nada suara

Jika pipi Anda memerah karena merasa tidak nyaman, jangan menganggap hal itu karena Anda malu. Anda bisa mengatakannya dengan santai, “Pipi saya memang cepat memerah.”

Baca juga Cara Mencintai Diri Sendiri dengan Mindfulness

4. Hindari label diri

Jangan melabeli diri sebagai orang pemalu atau apapun, tapi anggaplah diri Anda sebagai individu yang unik dan tidak terikat pada pemikiran tertentu.

5. Berhenti menyabotase diri

Terkadang, kita memang musuh terburuk bagi diri kita sendiri. Jangan biarkan kritik suara hati membuat Anda rendah. Sebaliknya, analisalah kekuatan suara hati itu agar Anda bisa meredakannya.

6. Kenali kekuatan Anda

Buatlah daftar kualitas positif yang Anda miliki lalu baca dan renungkan ketika Anda merasa tidak nyaman. Biarkan catatan itu menjadi pengingat akan kualitas diri yang bisa Anda tawarkan.

7. Memilih hubungan dekat dengan hati-hati

Orang yang pemalu cenderung hanya memiliki sedikit teman namun keterhubungannya tinggi. Artinya cara Anda memilih teman atau pasangan adalah sangat penting. Berikan waktu Anda untuk orang-orang yang memberikan respon, bersikap hangat, dan menyemangati hidup Anda.

8. Hindari perundungan

Akan selalu ada orang yang bersikap kejam atau sarkastik pada kita. Mereka tidak peduli apakah sikapnya bisa diterima atau tidak, atau bahkan mereka tidak peduli siapa orang yang mereka sakiti. Hindari dan jaga jarak dengan orang-orang seperti ini.

9. Hadapi dan tataplah dengan berani

Terkadang, ketika kita takut,  hal terbaik yang bis akita lakukan adalah dengan menghadapinya langsung face to face. Jika Anda merasa takut maka tataplah dan lihatlah bahwa tidak ada yang perlu ditakuti.

10. Sebutkan

Buatlah daftar semua kekhawatiran dan kecemasan Anda. Sebutkan namanya dan buatlah rencana bahwa Anda akan menghilangkan nama itu dan melangkah maju.

Menjadi orang yang pemalu tidak seharusnya menjadi hambatan bagi Anda untuk sukses. Cobalah beberapa tips di atas dan semoga teknik tersebut cocok dan berjalan baik untuk Anda hingga menjadi individu yang lebih percaya diri.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts