9 Tanda Anda Memiliki Leader Mindset
Leadership Coaching

9 Tanda Anda Memiliki Leader Mindset

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Menjadi seorang pemimpin itu membutuhkan kerja keras dan proses yang cukup panjang. Ada beberapa hal yang mendorong kepemimpinan seseorang dan ada juga hal yang menghalangi proses menjadi pemimpin yang baik. Kedua hal berbeda ini ada di dalam diri setiap orang yang berpotensi menjadi pemimpin besar. Namun semua proses ditentukan oleh mindset dan sudut pandang.

Individu yang memiliki jiwa pemimpin selalu ingin tahu. Selalu ingin belajar hal baru dan tidak mau kehilangan kesempatan untuk itu. Mereka juga tahu bahwa kesempatan atau peluang untuk belajar itu bisa datang setiap saat. Pikiran yang selalu ingin tahu dan keinginan untuk terus belajar ini merupakan bagian penting dari kepemimpinan.

Tak hanya rasa ingin tahu, mereka yang berbakat menjadi seorang pemimpin paham mengenai pentingnya berpikir positif. Ketika berhadapan dengan kenyataan hidup, seringkali kita mudah berubah menjadi pesimis. Pemimpin yang baik tidak akan menyerah. Ketika ada hal buruk maka dia akan berusaha untuk mengubah hal buruk menjadi baik, mengubah hal negative menjadi positif.

Baca juga Crisis Management

Di bawah ini ada 9 tanda yang menunjukkan jika Anda memiliki mindset sebagai pemimpin. Apakah Anda memiliki salah satu cirinya?

1. Mau mendengarkan orang lain

Seorang pemimpin yang baik adalah pendengar yang baik. Banyak dari kita yang paham mengenai pentingnya komunikasi dan fokus pada cara bicara juga tulisan namun lupa pada keahlian mendengarkan. Kepemimpinan yang baik artinya membuat diri Anda menjadi pendengar yang baik dan bisa menyemangati orang lain untuk berbagi pandangannya.

2. Keterbukaan

Pemimpin yang baik selalu terbuka pada semua orang, pada ide dan gagasan baru, juga pada peluang. Jika Anda mengijinkan orang datang pada Anda dengan membawa pemikiran, gagasan dan visinya dan Anda mau mendengarkan setulus hati, maka Anda memiliki mindset seorang pemimpin yang baik.

3. Empati

Empati adalah salah satu keahlian yang dimiliki oleh pemimpin. Rasa empati membuat pemimpin bisa terkoneksi cepat dengan rasa dan situasi yang sedang dialami oleh orang lain. Empati juga menunjukkan rasa kepedulian dan kasih yang merupakan bagian dari kepemimpinan sejati.

4. Kecerdasan

Pemimpin yang hebat tahu bagaimana memanfaatkan sumber daya. Seorang pemimpin tahu cara menggunakan apapun yang ada dan memanfaatkan situasi apapun yang terbaik. Jika banyak orang menunggu Anda untuk mengambil keputusan dan melakukan tindakan tertentu maka Anda memiliki pola piker yang dibutuhkan oleh pemimpin, yaitu memiliki banyak akal yang hebat.

5. Menerima perubahan

Pemimpin yang baik tahu bahwa perubahan itu tidak terelakkan. Mereka selalu siap dengan kondisi apapun yang akan datang karena pemimpin memiliki konsep menerima perubahan dan tidak terpaku pada status quo.

6. Komunikasi

Pemimpin yang hebat bisa berkomunikasi dengan jelas dan penuh kesadaran dalam situasi apapun. Pemikiran dan opini seorang pemimpin dalam situasi baik atau buruk sekalipun akan bisa dikomunikasikan dengan tulus, transparan, dan penuh perasaan.

7. Keterhubungan

Seorang pemimpin tahu akan pentingnya keterhubungan. Pemimpin bekerja keras menciptakan dan mempertahankan hubungan baik. Hal ini menjadi prioritas untuk menginsiprasi, mengajari, mendukung dan menyemangati orang lain. Jika Anda seorang yang memiliki jejaring pertemanan yang baik dan luas karena pada dasarnya Anda memang senang terhubung dengan orang lain, maka Anda memiliki mindset seorang pemimpin.

8. Percaya diri

Kepercayaan diri penting bagi kepemimpinan. Seorang pemimpin mau mengakui bila melakukan kesalahan dan mempertahankan pendapatnya ketika berada di jalur yang benar. Jika Anda memiliki kepercayaan diri seperti itu maka Anda memiliki mindset pemimpin yang baik.

9. Pencari solusi

Solusi adalah penting bagi kepemimpinan yang hebat karena masalah ada dimana-mana. Memiliki pandangan yang berorientasi pada masa depan akan membuat Anda mencari solusi di luar kotak, dan ketika Anda berhasil menemukan solusi, maka Anda memiliki mindset pemimpin yang hebat.

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts