8 Alasan Penting Seorang Ibu Membutuhkan ‘Me Time’
Parenting Coaching

8 Alasan Penting Seorang Ibu Membutuhkan ‘Me Time’

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Kebanyakan para ibu baru kerap merasa kewalahan dengan banyak hal yang terjadi di rumah sepanjang hari. Ibu harus mengganti popok dan memasak untuk keperluan makan anaknya, juga memperhatikan kebersihan dan perawatan rumah mulai dari kebun depan hingga ke halaman belakang. Rasanya tidak cukup waktu bahkan untuk sekadar mandi sekalipun. Betapa sibuk seorang ibu baru dalam kesehariannya.

Itu sebabnya ‘me time’ sangat penting, dimana ‘me time’ adalah suatu cara untuk melepaskan beban rutinitas sehari-hari untuk sebentar saja. Seorang ibu butuh untuk sekadar melepas lelah dan menghirup udara segar agar tetap terjaga kewarasannya. Jika Anda seorang ibu tentunya Anda pernah mengalami kondisi seperti itu.

Berikut ini 8 alasan penting kenapa para ibu membutuhkan ‘me time’ dalam kesehariannya:

1. Menyenangkan diri sendiri

Rasanya menyenangkan bisa melepas beban berat sesekali dalam suatu waktu. Tidak mengurusi anak atau rumah. Seorang ibu butuhkan waktu untuk bersantai, berpikir, dan melepas rasa khawatir berlebihan tentang banyak hal kecil. Rasanya menyegarkan bisa menikmati waktu untuk diri sendiri meskipun hanya sekadar pergi ke salon saja.

2. ‘Me time’ membuat ibu waktu untuk merawat diri sendiri

Adalah penting Anda harus memastikan bisa mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga agar fisik lebih sehat dan bisa merawat anggota keluarga. Bersantai juga penting bagi kesehatan Anda karena Anda harus sehat secara mental untuk merawat bayi Anda.

Baca juga 8 Alasan Anak Tidak Mau Mendengar Perkataan Orangtua dan Cara Mengatasinya

3. Menjalin ikatan rasa dengan anggota keluarga lain atau kerabat

Jika ada kerabat yang bisa mengawasi bayi Anda maka kan membuka jalan untuk mempererat ikatan rasa antara si bayi dan kerabat kita. Penting bagi kakek, nenek, paman, tante, atau kerabat lain untuk mendapatkan waktu berkualitas bersama si bayi, agar bayi juga bisa mulai mengenal kerabatnya.

4. Menjalin hubungan baik dengan orang dewasa yang bisa dipercaya.

Di masa pertumbuhannya bayi akan mengenal lebih banyak orang dewasa di sekitarnya. Berada di dekat orang dewasa selain ibunya akan membuat bayi belajar untuk berinteraksi dengan mereka, dimana hal ini akan mempermudah transisi ketika akan masuk sekolah nanti.

5. ‘Me time’ adalah waktu untuk mengisi ulang baterai Anda

Setelah Anda segar kembali Anda akan siap untuk merawat bayi Anda lagi. Segala hal kecil yang mungkin sebelumnya sempat mengganggu tidak akan menjadi masalah lagi.

6. Anda akan merindukannya

Merindukan bayi Anda adalah hal yang bagus. Ketika rindu membuncah maka Anda akan merasa ingin segera kembali ke rumah. Setelah berada jauh untuk sementara waktu Anda akan memastikan diri Anda memiliki waktu berkualitas yang lebih banyak bersama bayi Anda.

7. Mengenalkan pandangan berbeda pada bayi Anda

Anda tentunya ingin agar anak bisa belajar berpikir untuk dirinya sendiri. Saat tumbuh, anak akan belajar banyak hal berbeda dan beradaptasi dengan lingkungannya.

8. Meski bukan ‘me time’ tetapi kencan bersama pasangan adalah penting

Kehidupan sebagai orangtua bukan hal yang mudah. Jika tidak meluangkan waktu untuk bersantai maka akan membuat kehidupan Anda sebagai orangtua menjadi terasa sepi dan membuat frustasi.

Meski cukup sulit untuk mendapatkan ‘me time’ namun Anda harus meluangkan waktu untuk itu. Anda akan terkejut ketika menyadari bahwa kesibukan mengurus bayi Anda dan suasana rumah yang berantakan sebenarnya adalah suasana yang paling Anda rindukan.

Bangun keharmonisan hubungan orang tua dan anak dengan bantuan Parenting Coach kami.

Related Posts