5 Rahasia Gaya Hidup Sehat
Wellness Coaching

5 Rahasia Gaya Hidup Sehat

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Menjaga asupan makanan, banyak bersyukur, dan olahraga yang konsisten merupakan beberapa elemen yang bisa menciptakan hasil berbeda, tergantung bagaimana sudut pandang Anda. Gaya hidup sehat bukan hanya merupakan kombinasi dari latihan dan olahraga saja, tetapi merupakan sebuah sudut pandang berbeda, yaitu suatu perubahan dalam cara Anda mendekati diri sendiri, kebiasan, dan kesadaran diri.  

Gaya hidup sehat merupakan suatu cara baru dalam memperlakukan diri Anda sendiri, memelihara tubuh dan pikiran dari luar dan dalam. Jangan tertuju pada kesempurnaan, tetapi nikmati prosesnya dan ingatlah bahwa perjalana setiap orang tidaklah sama. Dengan pendekatan yang baik Anda akan bisa menerima dan menggunakan ritual baru untuk gaya hidup sehat yang Anda inginkan. Bila ada kekurangan maka terimalah dan jadikan hal itu sebagai bagian penting dari puzzle besar dalam kehidupan Anda.

Makan Sehat

Perjalanan menuju gaya hidup sehat itu penuh tantangan, dan salah satu tantangan besarnya yaitu mengubah pola makan. Jadikan niat untuk mengubah pola makan untuk tujuan badan dan pikiran yang lebih baik, bukan karena ingin diet menurunkan berat badan. Cintai tubuh Anda apapun kondisinya karena pemikiran seperti ini akan membuat Anda lebih paham nutrisi yang baik untuk tubuh, memilih makanan sehat, dan mengadopsi pola makan yang lebih cerdas.

Baca juga Karakteristik Kesehatan Mental yang Harus Diketahui

Olahraga Cukup

Tidak perlu mendaftar di tempat gym atau futness ternama dengan kartu langganan tahunan agar Anda bisa Latihan disana ketika ada waktu. Kebanyakan hal seperti ini malah menciptakan penyesalan, karena pada akhirnya malah hanya mendaftar namun hanya sekali dua kali datang saja dalam satu tahun. Gaya hidup sehat memerlukan perawatan, pemikiran, dan penerimaan untuk setiap progresnya. Anda bisa mencoba dengan Latihan kecil saja, misalnya jogging di pagi hari, yoga di rumah, atau hanya melakukan stretching selama 5-10 menit.

Meditasi

Salah satu cara menenangkan diri dan konsentrasi pada ketenangan merupakan bagian penting dari keberadaan manusia. Kadang terasa menakutkan untuk melepas sesuatu namun sebenarnya melegakan. Meningkatnya konsentrasi dan relaksasi adalah hasil dari berlatih meditasi secara teratur. Jadi kenapa tidak mencobanya? Anda bisa mencoba berlatih melalui tutorial dan panduan untuk pemula yang tersebar di internet atau dengan mengunduh aplikasi.

Hal termudah yang bisa dilakukan oleh diri sendiri adalah berlatih bernapas dalam-dalam. Ambil posisi duduk tenang dan focus pada pernapasan, lalu Tarik napas dan keluarkan perlahan sebanyak 15 putaran. Tubuh akan terisi oksigen lebih banyak dan Anda akan merasa lebih tenang.

Pilihan Etis

Manusia adalah makhluk yang emosional dan simpatik. Kita dikenal sebagai makhluk yang bisa terkoneksi dengan spesies lain, memiliki kemampuan untuk berempati, dan memiliki kapasitas emosional yang besar. Membuat pilihan etis dalam rutinitas sehari-hari akan membuat Anda merasa lebih baik, dan lebih luas lagi bisa berdampak pada lingkungan dimana kita berada. Sekecil apapun pilihan kita dan itu sangatlah berarti.

Rasa Syukur dan Maaf

Kedua hal ini bekerja masing-masing namun saling berhubungan. Memaafkan adalah dialog kita ke dalam diri. Cobalah untuk berhenti menyalahkan diri sendiri atas kesalahan di masa lalu dan sekarang, menerima progress dan menerima keberadaan diri kita saat ini. Rasa syukur, adalah tentang mengekspresikan perasaan kita pada dunia. Cobalah untuk menuliskan hal-hal yang membuat Anda bersyukur. Orang yang telah membantu Anda sepanjang hidup, keluarga, rumah, bahkan matahari terbenam yang Anda saksikan di ujung samudera, semuanya memiliki arti. Latihan seperti ini akan membantu mengurangi kecemasan dan membuat Anda lebih membumi.

Anda hanya akan menjadi versi diri yang lebih baik dengan cinta dan kasih, bukan dengan cemas dan benci. Perlakukan diri Anda sebagaimana Anda ingin diperlakukan oleh orang lain. Menerima kesalahan, kegagalan, menyelamati keberhasilan, dan terus bergerak maju.

Ingatlah bahwa semua tips di atas tidak kaku, namun semuanya saling berhubungan untuk membantu Anda menciptakan pola hidup yang lebih sehat dan baik ke depannya.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts